Kominfotik Lampung Lakukan Pembinaan KIM di Pesawaran - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Kamis, 25 November 2021

Kominfotik Lampung Lakukan Pembinaan KIM di Pesawaran


Pesawaran, Harian Koridor.com-Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik) Provinsi Lampung menggelar Sosialisasi dan  Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), di Balai Desa Bagelen Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran, Selasa (23/11).


Kegiatan dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Lampung yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Kominfotik Provinsi Lampung Lakoni Ahmad, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Kabupaten Pesawaran Apriya, dan Kasi Pengelolaan Media Publik Kabupaten Pesawaran.


Menurut Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas  Kominfotik Provinsi Lampung Lakoni, yang mewakili Kadiskominfotik,  pembentukan KIM berdasarkan pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor : 08/PER/M.KOMINFO/6/2010 Tentang Pedoman Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial.


Pembentukan KIM bertujuan agar informasi yang ada di desa bisa dikelola dengan baik oleh masyarakat desa. Utamanya menonjolkan potensi unggulan yang dimiliki desa agar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.


"KIM sebagai benteng untuk menangkal berita-berita yang tidak benar atau hoax, juga sebagai pusat pengelolaan informasi di skala desa", Ucap Lakoni.


Untuk dapat menangkal Hoax, menurut Lakoni maka pengelolaan informasi haruslah merujuk pada sumber-sumber informasi yang memang terpercaya dan resmi.


Selain itu, pengelolaan informasi tidak hanya untuk menangkal berita tidak benar, tapi juga untuk menyebarkan informasi potensi desa, mulai dari pariwisata, home industri dan ekonomi kreatif, pertanian dan lain sebagainya, dengan melibatkan Pokdarwis, Karang Taruna, PKK Desa, serta perangkat Desa lainnya.


Untuk itu, keterlibatan Dinas terkait juga sangat diperlukan, misalnya dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Transmigrasi (PMDT) untuk mensukseskan program-program yang berkaitan dengan Desa. "Seperti Program Smart Village dan Kartu Petani Berjaya," pungkas Lakoni.


Sementara itu Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Apriya mewakili Kepala Dinas Kominfo Pesawaran menyatakan terimakasih atas telah dilaksanakannya kegiatan pembinaan KIM di Kabupaten Pesawaran.


"Terimakasih kepada Dinas Kominfotik Provinsi Lampung atas kegiatan hari ini, semoga ada masukan dan petunjuk untuk penggiat KIM di Kabupaten Pesawaran,(red) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages