Pekon Sukoharjo 4 Adakan Pelatihan Hidroponik Untuk Kesejahteraan Ekonomi - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Minggu, 28 November 2021

Pekon Sukoharjo 4 Adakan Pelatihan Hidroponik Untuk Kesejahteraan Ekonomi


Pringsewu,Harian Koridor.com-Dalam rangka Penyelenggaraan Program yang tertera dalam RPJM Desa, RKPDesa Tahun 2021 dan APBDesa Tahun 2021, serta guna terealisasinya Program Pemberdayaan Masyarakat maka diadakannya Kegiatan Pelatihan Hidroponik, dengan tujuan Untuk memahami tentang perawatan tanaman pada Hidroponik dan untuk mengetahui Tata cara pelestarian dalam Hidroponik, Di Aula Bumdes Pekon Sukoharjo 4, Sabtu, (27/11). 


Kegiatan pelatihan organik yang di lakukan di pekon Sukoharjo 4 Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu dengan Narasumber Fahmi berasal dari Nok Hidroponik (Penggerak Hidroponik)  dan Pemateri selanjutnya Sugiyani Ketua KWT  Kabupaten Pringsewu. 


Fahmi dalam pemasarannya Sasaran Kegiatan tersebut adalah meningkatkan Kapasitas masyarakat dalam pelestarian tanaman Hidroponik, untuk mengenai bagaimana proses pengelolaan atau pembudidaya tanaman hidroponik agar masyarakat mampu memanfaatkan lahan yg tidak terlalu luas dengan sistem penanaman hidroponik. 


"Teknik penanaman hidroponik memiliki 6 teknis yang masing-masing dari teknik penanaman memiliki kekuatan dan kelebihan," Kata Fahmi. 


Fahmi pun langsung memberikan praktek mengenai penanganan yang memanfaatkan galon bekas yang mudah di temui dan harganya juga terjangkau.


 "Selain itu  juga sistem sirkulasi tanaman hidroponik karena sirkulasi air harus benar-benar di perhatikan karena mempengaruhi hasil akhir dari tanaman yg ditaman dengan media hidroponik," Ujarnya. 


Lain halnya dengan Sugiyani Dari Ketua KWT Kabupaten Pringsewu  yang memberikan arahan dan penjelasan mengenai Kelompok Wanita Tani di Pekon Sukoharjo 4, yang selama ini sudah ada KWT tetapi masih vakum sehingga di aktifkan re organisasi.


" Dengan adanya pelatihan hidroponik sekaligus bertujuan untuk menggerakkan langsung KWT yang  sedang tidak aktif untuk di gerakan agar kwt di pekon tersebut bangkit lagi,"Ungkapnya. 


Kepala Pekon Sukoharjo 4 Kamsidi dalam membuka acara ini sangat berterima kasih dengan adanya Kegiatan Pelatihan Ekonomi Produktif Masyarakat adalah Tim Pelaksana Kegiatan Pekon Sukoharjo 4 yang para peserta sangat antusias bisa mengikuti kegiatan sampai selesai dan bisa di buktikan dalam praktek. Sementara untuk Pembiayaan Kegiatan tersebut yang bersumber dari dana desa tahun 2021. 


" Kegiatan  ini bisa meningkatkan taraf kesejahteraan dan pelestarian lingkungan di masyarakat, hal tersebut semoga bisa berlanjut kedepannya," Harapnya. 


Acara ini dihadiri oleh Kepala Pekon Sukoharjo 4 Kamsidi, Fahmi selaku Pemateri, Sugiyani Ketua KWT Kabupaten Pringsewu, Ketua TP PKK Rubiyem, Carik Marhasan serta Jumlah Peserta dalam kegiatan tersebut adalah Masyarakat dari para pengurus KWT yang berjumlah 25 orang.(*) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages