Riana Lakukan Kunjungan Kerja dan Pembinaan Organisasi Ke Pesawaran - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Rabu, 01 Desember 2021

Riana Lakukan Kunjungan Kerja dan Pembinaan Organisasi Ke Pesawaran


Pesawaran,Harian Koridor.com-Ketua TP.PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, melakukan kunjungan kerja sekaligus melakukan pembinaan organisasi di Kabupaten Pesawaran, bertempat di pantai Benteng Samudra (BENSAM) Desa Batu Menyan Kec. Teluk Pandan Kab. Pesawaran, Rabu (01/12/2021).


Hadir dalam kegiatan ini Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemprov Lampung dan Kabupaten Pesawaran, Ketua TP PKK Pesawaran  Nanda Indira Dendi, Ketua Dekranasda, Pokja Literasi, Pokja Bunda PAUD, YJI, PMI, dan LKKS Kabupaten Pesawaran.


Setibanya di lokasi acara,  Ketua TP PKK Provinsi Lampung langsung menuju Pokja PAUD untuk bernyanyi dan melakukan beberapa permainan bersama anak - anak PAUD yang ada di Pesawaran seperti cincin berantai, hole in one, joget dan oper balon, estafet karet dengan sedotan, memancing ikan, lingkaran bebek dan ayam. 


Selanjutnya  Ketua TP. PKK, Riana Sari melakukan Senam Lampung Berjaya bersama kader TP PKK Kabupaten Pesawaran dan Organisasi Kewanitaan Kabupaten Pesawaran.


Sementara itu dalam sambutannya,  Riana Sari mengungkapkan bahwa kegiatan pada hari ini mengambil tema “Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan”. Tema tersebut diambil guna mengingatkan bahwa gerakan PKK diharapkan dapat menjadi gerakan yang mampu menginisiasi perubahan kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik, terutama di masa pandemi ini.


Riana Sari juga menjelaskan bahwa maksud dan tujuan kunjungan kerjanya kali ini, selain  melaksanakan kegiatan TP PKK juga untuk melakukan pembinaan organisasi tingkat Kabupaten/Kota yang dilaksanakan secara terintegrasi dengan 7 (tujuh) organisasi lainnya yaitu :


1. Dekranasda

- Pengembangan kerajinan tenun dan batik dengan motif khas Kabupaten Pesawaran.


2. Pokja PAUD

- Mewujudkan PAUD Holistik Integratif yang terintegrasi antara pendidikan, kesehatan dan gizi, serta pola pengasuhan dan perlindungan.

- Satu desa satu PAUD.


3. Pokja Literasi

- Kampanye literasi untuk meningkatkan minat baca.

- Program terampil membaca untuk anak sebagai dasar anak-anak untuk belajar formal.

- Satu desa satu perpustakaan/pojok baca desa.


4. Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial

- Meningkatkan semangat untuk saling berbagi dan berempati dengan orang-orang disekitar.

- Pendampingan anak-anak yang kehilangan orangtua akibat pandemi Covid-19.


5. Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia. (PERWOSI).

- Pendampingan bagi atlet wanita berprestasi

- Memasyarakatkan olahraga dan mewujudkan keluarga sehat cinta keluarga


6. Yayasan Jantung Indonesia 

- Memasyarakatkan senam jantung sehat dan kampanye pola hidup sehat (termasuk generasi muda untuk menghindari rokok)

- Pemeriksaan kesehatan secara berkala


7. Palang Merah Indonesia. (PMI).

- Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan donor darah 

- Percepatan cakupan vaksinasi


Riana Sari berharap melalui kunjungannya kali ini, antar organisasi dapat terjalin kerjasama dan memotivasi semua organisasi sebagai mitra pemerintah untuk dapat menunjukkan kiprah dan karyanya kepada masyarakat. 


Terkait pandemi Covid-19, Riana Sari meminta agar kader-kader PKK menjadi pelopor perubahan dan bisa mengedukasi masyarakat tentang protokol kesehatan.


"Saya harapkan kegiatan tahun ini dan tahun depan untuk tetap memprioritaskan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dan penanganan dampak pandemi, baik secara sosial, ekonomi maupun budaya," ucap Riana Sari.


Sebelum mengakhiri sambutannya, Ketua PKK menyampaikan sebuah gagasan untuk membuka kios bagi UKM di sepanjang jalan pesisir pantai yang ada di Kabupaten Pesawaran demi memajukan UKM yang ada di Kabupaten Pesawaran.


Di akhir kunjungannya, Riana Sari berkesempatan  mengunjungi stand-stand yang berada di lokasi acara seperti Stand Dekranasda, Pos Pemeriksaan Kesehatan YJI Cabang Pesawaran, LKKS, PMI Pesawaran dan Perwosi. Riana Sari juga menyempatkan diri bercengkrama dan bernyanyi bersama anak-anak literasi dan Paud Kabupaten  Pesawaran.


Di sela acara, Ketua TP PKK Provinsi Lampung didampingi Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona dan Ketua TP PKK Pesawaran Nanda Indira Dendi menyerahkan bantuan secara simbolis berupa :

-bantuan sembako sebanyak 10 paket kepada ibu hamil dan balita kurang gizi.


bantuan alat kekebersihan untuk Desa Batu Menyan.

-bantuan bibit tanaman sebanyak 30 paket bibit alpukat dan 30 paket bibit jambu Jamaika, 30 benih sawi yang diterima oleh KWT Srikandi Bogorojo.

-bantuan budidaya ikan dalam ember (Budidamber) sebanyak 10 paket untuk PKK Desa. 

-bantuan 20 paket sembako untuk anak kehilangan orang tua karena terkena Covid-19. 

-bantuan dari Dekranasda berupa 1 paket (kompor gas, kain, canting, pewarna water glas, toples plastik, kuas busa) untuk pengrajin tapis kabupaten Pesawaran.

-bantuan dari Pokja dan literasi perpustakaan berupa 300 buku.  -bantuan dari LKKS untuk masyarakat tidak mampu berupa 20 paket sembako.

-bantuan dari Yayasan Jantung Indonesia (YJI) berupa 30 paket nutrisi tambahan untuk Lansia. 

-bantuan dari PMI berupa 2 paket standing termo untuk sekolah yang diterima perwakilan SMP Negeri 14 Pesawaran. 

-bantuan dari Perwosi kepada atlit disabilitasi berupa tali asih.

-bantuan Vaksinasi sebanyak  6.000 dosis untuk Kabupaten Pesawaran.(red) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages