PT HK Terapkan Tilang Elektronik Pertama di Jalan Tol Indonesia - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Rabu, 02 Maret 2022

PT HK Terapkan Tilang Elektronik Pertama di Jalan Tol Indonesia


Lampung,Harian Koridor.com-PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) sebagai pengelola beberapa ruas jalan tol di Indonesia secara resmi akan menerapkan tilang elektronik bertajuk Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).


Bekerjasama dengan Kepolisian Daerah Provinsi Lampung (Polda Lampung), penandatanganan Perjanjian Kerjasama digelar pada Rabu (2/3) sekaligus dilakukan sosialisasi sistem tilang elektronik ELTE tersebut.



Bertempat di Kantor Cabang Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Bakauheni – Terbanggi 

Besar, penandatanganan kesepakatan ini dilakukan antara Executive Vice President Divisi 

Operasi & Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji dengan Wakil 

Direktur Lalu lintas Kepolisian Daerah Provinsi Lampung Ajun Komisaris Besar Polisi 

(AKBP) Muhammad Ali, serta disaksikan secara virtual oleh Direktur Operasi III Hutama 

Karya Koentjoro. Turut hadir pula dalam seremoni penandatanganan dan Launching ETLE , Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo dan Kepala Cabang Jasa Raharja Zulham Pane dan jajaran pejabat Polda dan Hutama Karya lainnya.



Koentjoro selaku Direktur Operasi III Hutama Karya menyampaikan bahwa Hutama Karya 

menjadi BUJT pertama yang menerapkan sistem tilang elektronik di Jalan Tol Trans Sumatera. 

“Kami telah merampungkan sistem ETLE tersebut 100% sejak tanggal 24 Desember 2021, 

sedang implementasinya kami lakukan secara perlahan sembari melakukan sosialisasi kepada pengguna jalan tol.



Dengan diluncurkannya sistem tilang elektronik di jalan tol kami harapkan dapat menambah kesadaran pengguna jalan untuk mematuhi kecepatan maks dan lebih berhati hati berkendara di jalan tol. Dari hasil evaluasi manajemen, salah satu faktor tertinggi kecelakaan disebabkan akibat kelelahan/mengantuk dan kecepatan berkendara yang melebihi batas maksimum atau ngebut. Setahun kemarin Hutama Karya telah menginisiasi Operasi Microsleep yang berhasil menurunkan faktor kecelakaan akibat mengantuk hingga 50%, maka kami berharap adanya sistem ETLE perdana di jalan tol Indonesia ini dapat menurunkan kecelakaan akibat melanggar batas kecepatan,” tutur Koentjoro.



Lebih lanjut, Koentjoro juga menambahkan bahwa sebelum diluncurkan sistem ETLE, Hutama Karya sudah melakukan beragam sosialisasi terkait kecepatan berkendara dari berbagai sisi. 


“Kami bekerjasama dengan Polda daerah masing – masing telah melakukan penindakan dengan sistem Speed Gun.



Kami juga selalu menekankan kampanye keselamatan berkendara yang telah diluncurkan sejak lama yakni kampanye Selamat Sampai Tujuan (SETUJU) dimana Patuh Kecepatan Berkendara dan Turunkan Fatalitas Kecelakaan merupakan dua point penting yang terdapat pada kampanye tersebut. Kampanye SETUJU ini terus digaungkan melalui berbagai kanal komunikasi mulai dari media sosial, hingga media luar ruang yang dapat dilihat oleh pengguna jalan, hingga event tertentu yang diinsiasi oleh cabang tol seperti Operasi Microsleep, Operasi Simpatik, Operasi ODOL, dan lainnya,” imbuh Koentjoro.



Dalam acara tersebut, Direktur Lalu lintas Polda Lampung, KBP Raden Romdhon juga menyampaikan sistem kerja dari alat ini.


“Pada sistem ETLE ini, pengguna jalan yang melintas akan secara terdeteksi oleh kamera ETLE sehingga apabila terjadi pelanggaran lalu lintas terutama terkait batas kecepatan berkendara akan secara otomatis terdeteksi oleh sistem tilang elektronik tersebut. Kami ucapkan selamat kepada Hutama Karya yang telah menerapkan sistem penindakan ETLE perdana di jalan tol Indonesia.” ujar KBP Raden Romdhon, Direktur Lalu lintas Polda Lampung.



“Satu yang pasti, kita harus SETUJU untuk taat kecepatan berkendara di jalan tol dan SETUJU bahwa keselamatan adalah nomor satu.” tutup Koentjoro, Direktur Operasi III Hutama Karya.


Hutama karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, salah satunya dengan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol. Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top up saldo UE.



Selain itu kami terus menghimbau kepada pengguna jalan tol untuk berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat. Segera beristirahat apabila merasa mengantuk di Rest Area terdekat serta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimanapun berada.



Apabila pengguna jalan tol mengalami atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol maupun rest area agar segera melapor ke Call Centre masing-masing Cabang Tol.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages