MPR RI Bersama PWI Provinsi Lampung Lakukan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Sabtu, 03 September 2022

MPR RI Bersama PWI Provinsi Lampung Lakukan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan


Bandar Lampung,Harian Koridor.com-Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI bekerjasama dengan PWI Lampung melakukan sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Ballroom Hotel Radison, Jumat (2/9/2022).

Sosialisasi dipandu oleh moderator Eka Setiawan, menghadirkan Ketua Fraksi NasDem MPR RI Taufik Basari serta Ketua PWI Lampung, Wirahadikusumah.

Materi yang diberikan pada sosialisasi adalah Pancasila sebagai dasar ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara. Kemudian, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.


Pada kesempatan tersebut, Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah mengungkapkan, pihaknya berbangga hati mendapatkan kepercayaan bersama MPR RI untuk ikut serta mensosialisasikan pentingnya empat pilar kebangsaan kepad para anggota PWI Lampung.



Menurutnya, selain memahami UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik, wartawan juga dituntut harus bisa memahami tentang empat pilar kebangsaan ini. Karena profesi wartawan merupakan bagian dari 4 pilar demokrasi yang satu kandung dengan badan eksekutif, legislatif, dan yudikatif.


“Dan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk perhatian kepada saudara kandungnya dari ibu pertiwi,” ujar dia.


Ia juga sangat mengapresiasi tentang kerjasama ini. PWI juga siap untuk bekerjasama dengan MPR RI dalam kegiatan apapun.


“Saya berharap, kerjasama ini tidak hanya menanamkan empat pilar kebangsaan, tetapi juga profesionalitas sebagai wartawan,” ujarnya.


Sementara Taufik Basari (Tobas) mengungkapkan, pihaknya sangat memahami bagaimana kerja wartawan. Seperti yang disampaikan Ketua PWI Lampung, wartawan merupakan bagian dari empat pilar demokrasi.


Tobas juga menyampaikan profesi wartawan harus dirawat dan diperhatikan, jangan sampai kemudian malah diisi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Hingga akhirnya justru memberikan informasi hoax dan keliru serta memutarbalikkan fakta.


“Oleh karena itu harus kita jaga bersama-sama profesi wartawan ini, agar dihargai sebagai salah satu pilar demokrasi yang sangat penting untuk menjaga keberlangsungan bangsa Indonesia,” ujarnya.


Dalam pemaparannya, anggota Komisi III DPR RI dapil Lampung itu menjelaskan sejarah penyusunan hingga penetapan Pancasila sebagai falsafah dan ideologi negara. Dimana Pancasila berhasil menyatukan rakyat Indonesia dengan keanekaramagan suku bangsa, bahasa, agama, dan adat budaya. (rls )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages