Gajahlah Kebersihan Berdayakan Pemuda/i Lampung Menjadi Ecopreneur Melalui LYES 3.0 - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Jumat, 21 Oktober 2022

Gajahlah Kebersihan Berdayakan Pemuda/i Lampung Menjadi Ecopreneur Melalui LYES 3.0


Bandarlampung,Harian Koridor.com-Kesempatan menarik bagi pemuda/pemudi Lampung, Gajahlah Kebersihan menyelenggarakan Lampung Youth Ecopreneurship Summit (LYES) 3.0. Kegiatan LYES ini merupakan sebuah program pendidikan lingkungan yang bertujuan untuk memberdayakan pemuda/i Lampung untuk menciptakan solusi permasalahan lingkungan melalui inisiasi ecopreneurship atau kewirausahaan lingkungan. Program LYES akan dilaksanakan di kota Bandar Lampung.


Program Lampung Youth Ecopreneurship Summit akan dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan berupa edukasi mengenai lingkungan dan manajemen bisnis, fieldtrip ke wilayah pesisir, presentasi ide projek,  inisiasi ecopreneurship, pemberian akses pendanaan, hingga diakhiri dengan exhibition/pameran produk ramah lingkungan. LYES akan dilaksanakan pada bulan November-Desember tahun 2022.


Program Lampung Youth Ecopreneurship Summit ini diinisiasi oleh Gajahlah Kebersihan, sebuah organisasi lingkungan hidup yang memiliki fokus terhadap isu sampah laut melalui edukasi dan pemberdayaan kepada masyarakat pesisir dan pulau kecil, penelitian sampah laut, serta pemberdayaan ecopreneurship kepada pemuda/i dan ibu-ibu pesisir Lampung. Gajahlah Kebersihan juga memiliki inisiasi wirausaha lingkungan berupa pengolahan sampah low value seperti menjadi produk roster atau ventilasi beton, serta produk upcycle seperti tas dan dompet daur ulang hasil pemberdayaan masyarakat pesisir.


Dicky Dwi Alfandy selaku co-founder Gajahlah Kebersihan menyampaikan alasannya menyelenggarakan kegiatan LYES yang bertema wirausaha lingkungan ini.

“Sejak tahun 2020, kami mulai fokus pada pendekatan wirausaha lingkungan atau ecopreneurship yang berpotensi mendukung keberlanjutan inisiasi agar bisa berjalan secara jangka panjang, Wirausaha lingkungan yang kami inisiasi, seperti produk roster dan tas upcycle dari sampah plastik, harapannya menjadi contoh bagi pemuda/i untuk ikut berinovasi menginisiasi wirausaha lingkungan melalui wadah LYES ini”, jelasnya.


Program Manager Gajahlah Kebersihan, Aditya Sandi Wijaya, menyebutkan bahwa kegiatan ini diharapkan menjadi wadah yang mampu mengembangkan dan menggali potensi pemuda/i Lampung dalam hal penanggulangan sampah terutama sampah laut. Kedepannya, setelah kegiatan ini berakhir, beliau berharap para pemuda/i yang telah mengikuti pelatihan dapat membentuk inisiasi sendiri dan terus mengembangkan ide-idenya untuk menjaga lingkungan yang dilakukan secara berkelanjutan. Peserta LYES 3.0 bisa dari individu ataupun kelompok. 


Untuk mendaftar sebagai peserta dalam LYES peserta harus memenuhi persyaratan berikut:

Warga Negara Indonesia dan berdomisili di Lampung

Usia 17-22 tahun

Berkomitmen hadir diseluruh rangkaian acara

Tertarik dengan isu sampah laut

Tertarik menginisiasi wirausaha lingkungan (ecopreneurship)

Berdomisili di Lampung



Prosedur pendaftarannya yaitu sebagai berikut:

Calon peserta membaca panduan dan mengisi form pendaftaran pada link http://linktr.ee/yotuhecopreneurs.id 

Calon peserta wajib mengikuti akun instagram Gajahlah Kebersihan (@gajahlahkebersihan.id dan @inovasisosial_id) untuk memantau informasi terkait LYES 3.0

Membagikan poster LYES ke story instagram, tag 5 teman dan instagram @gajahlahkebersihan.id

Batas akhir pendaftaran hingga tanggal 31 Oktober 2022


Pendaftaran LYES 3.0 ini tidak dikenakan biaya dalam bentuk apapun. Pengumuman peserta yang lolos akan diinformasikan ke email pendaftar secara langsung dan Instagram Gajahlah Kebersihan.

Apabila ingin ditanyakan mengenai Lampung Youth Ecopreneurship (LYES) dapat menghubungi kontak berikut: 082144453969 (Erfan), 082282656515 (Ulfa), atau melalui email gajahlah.kebersihanid@gmail.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages