Hadirkan Pemateri Dari PMI RSUD Alimuddin Umar Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana Alam - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Selasa, 11 Oktober 2022

Hadirkan Pemateri Dari PMI RSUD Alimuddin Umar Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana Alam


Lambar,Harian Koridor.com-Bertempat di Aula Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Alimuddin Umar Liwa Lampung Barat menggelar Pelatihan Penanggulangan Bencana Gempa Bumi dengan menghadirkan pemateri dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lampung Barat,Senin (10/10/2022) 


Direktur RSUD Alimuddin Umar Dr. Iman Hendarman, Sp.A, M.Kes  yang diwakili oleh Kabid Penunjang Darmansyah mengatakan manajemen bencana harus dapat dilakukan oleh RSUD AU Liwa, sehingga bila terjadi bencana seperti gempa bumi , RS tetap memberikan pelayanan kesehatan kepada para korban yang terdampak dan RS masih bisa tetap berfungsi. 


"Walau mungkin kita juga terdampak akibat Bencana kita harus tetap siap untuk dapat memberikan pelayanan kepada para korban," jelasnya.


"Darman berharap agar seluruh peserta dapat mengikuti acara ini dengan sebaik baiknya sehingga seluruh komponen yang ada di RS bisa memahami dan siap dalam penanganan bencana bila ada terjadi, 


kita pahami bahwa bencana sering terjadi tanpa bisa di prediksi, maka tiada kata lain selain kita harus semaksimal mungkin sebaik baiknya mempersiapkan diri dan RS ini, sebelum bencana tersebut datang," ucapnya.


Sementara itu Duta Suhanda dari Palang Merah Indonesia mengingatkan bahwa Lampung Barat juga termasuk daerah rawan bencana termasuk bencana gempa bumi. "Pentingnya peningkatan kajian resiko bencana untuk perencanaan yang komprehensif termasuk RSUD Alimuddin Umar Liwa. 


Dengan adanya pelatihan ini adalah salah satu bagian dari wujud kesadaran terhadap bencana yang ada di dalamnya sebagai bagian upaya dalam mengurangi korban jiwa dan mengurangi infrastruktur kritis seperti sanitasi dan lain-lain," ujar Duta Suhanda.


"Saya bersyukur RSUD Alimuddin Umar Liwa sudah ada semacam Pedoman Kesiap-siagaan Menghadapi bencana walau masih konsep yang sederhana, tapi ini menunjukkan RS ini setidaknya ada kesiapan untuk melaksanakan kedaruratan bila kedepan ada bencana baik di internal maupun di luar RS," kata Duta Suhanda.


Usai acara pemberian materi tentang memahami bahaya, risiko dan kerentanan dilanjutkan dengan simulasi penanganan bencana yang dipandu Meriansyah dari PMI Lampung Barat.


Turut hadir menyaksikan Simulasi tersebut Agus Darma Putra Kepala Bagian TU RSUD Alimuddin Umar. (Lia) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages