Pemprov Lampung Gelar Bimtek Pengembangan Kompetensi Pimpinan Daerah - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Kamis, 20 Oktober 2022

Pemprov Lampung Gelar Bimtek Pengembangan Kompetensi Pimpinan Daerah


Bandarlampung,Harian Koridor.com-Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Qudratul Ikhwan, membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Program Pengembangan Kompetensi Pimpinan Daerah, yang diikuti sedikitnya 60 camat se-Provinsi Lampung, di Ballrom Hotel Horison, Kamis (20/10/2022). 


Bimtek bertema "Strategi Pengelolaan Manajemen Bencana untuk Mendukung Lampung Berjaya" ini berlangsung pada 20-22 Oktober 2022 di Ballroom Hotel Horison.


Pada kesempatan itu, Qudratul menekankan bahwa Kecamatan merupakan tingkat pemerintahan yang mempunyai peranan penting dalam pelaksanaan pelayanan terhadap masyarakat. 


Hal ini menjadikan camat sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan tugas-tugas umum pemerintahan serta sebagian urusan otonomi yang dilimpahkan oleh bupati/walikota untuk dilaksanakan dalam wilayah kecamatan. 


Menurut Qudratul, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan, selain menjalankan perannya sebagai pembina dan pengawas pemerintahan desa, camat juga selaku kepala wilayah, mempunyai peran penting dalam penanggulangan bencana di daerahnya.


Sebagai perpanjangan tangan pemerintah, camat diharapkan mampu menjadi garda terdepan dan berperan aktif dalam upaya pengelolaan pencegahan dan penanganan bencana di wilayahnya masing-masing.


Oleh sebab itu, lanjut Qudratul, tugas tersebut tidaklah mudah. Diperlukan upgrading pengetahuan dan pemahaman bagi para camat yang bertugas terutama di wilayah-wilayah yang memang rawan terjadi bencana. 


Qudratul berharap Bimtek ini memberi manfaat bagi para camat agar dapat melaksanakan urusan pemerintahan dan kemasyarakatan dengan dedikasi dan profesionalitas yang dilandasi kepribadian dan etika PNS.

"Sehingga mampu meningkatkan harapan masyarakat guna membangun citra pemerintah yang baik", ujarnya. 


Sementara itu, Ketua Penyelenggara Bimtek Yurnalis, yang merupakan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Lampung, menyampaikan bahwa Bimtek ini sebagai salah satu upaya meningkatkan pemahaman tentang tugas pokok dan fungsi camat.


Juga sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan semangat pengabdian para camat bagi bangsa dan negara. (adm) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages