Bunda Literasi Lamtim Hadiri Pengukuhan 42 Bunda Literasi Desa 3 Kecamatan - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Minggu, 14 Mei 2023

Bunda Literasi Lamtim Hadiri Pengukuhan 42 Bunda Literasi Desa 3 Kecamatan


Batang Hari, Harian Koridor.com-Sebanyak 42 PKK Kecamatan dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Tingkat Desa di wilayah Kecamatan Batanghari, Batanghari Nuban, dan Pekalongan . Pengukuhan tersebut dihadiri oleh Bunda Literasi Kabupaten Lampung Timur, Yus Bariah Dawam Raharjo, Anggota DPD RI Dr. Jihan Nurlela beserta Forkopincam di Gedung BPU Kecamatan Batanghari, Jumat (12/5/2023).


Dalam kesempatan tersebut Bunda Literasi Kabupaten Lampung Timur Yus Bariah Dawam Rahardjo menyampaikan, Pihaknya berharap Bunda Literasi yang baru di kukuhkan mampu bersinergi dengan para pegiat literasi setempat, terutama dalam melaksanakan program-program yang menunjang akan budaya membaca di desa-desa. Pengukuhan Bunda Literasi juga diharapkan mampu mempercepat budaya membaca di kalangan masyarakat, terutama generasi muda dan anak-anak.


Yus Bariah berharap bunda literasi yang baru saja dikukihkan dapat menjadi pelopor inovasi guna untuk mendukung peningkatan minat baca anak-anak dan masyarakat di wilayah Lampung Timur.


“keluarga sebagai salah satu unit terkecil yang ada di masyarakat dapat menjadi kunci untuk membangun kemampuan literasi”



Peran ibu sebagai perpustakaan pertama bagi anak-anak sangat strategis dalam mendorong pengembangan kegemaran membaca terhadap anak.


Selain itu, keluarga merupakan suatu miniatur pendidikan utama dalam menstimulus pola perkembangan anak, baik dari aspek intelektual, emosional maupun spiritual. Seorang ibu, menurutnya, adalah pendidik utama dan pertama dalam keluarga. Tumbuh kembang anak dalam menjalani proses belajar sangat penting dikenalkan pada fase kemampuan literasi.”


Setelah acara pengukuhan bunda literasi Kabupaten Lampung Timur Yus Bariah Dawam Rahardjo beserta rombongan berkunjung ke perpustakaan SMP N 1 BATANGHARI guna melihat secara langsung koleksi dan kondisi buku di Perpustakaan juga berdialog dengan siswi sekolah penggiat literasi perpustakaan.(kf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages