Ketua PKK Lambar Partinia Parosil Mabsus Sambangi Lokasi Kegiatan Posyandu Terpadu - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Kamis, 08 September 2022

Ketua PKK Lambar Partinia Parosil Mabsus Sambangi Lokasi Kegiatan Posyandu Terpadu


Lambar,Harian Koridor.com-Kegiatan posyandu terpadu yang berlangsung di halaman kantor Kelurahan Pasar Liwa Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, mendapat perhatian langsung dari Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus, Rabu 7/9/2022 pagi sekitar pukul 09.32 Wib.



Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan. 


Posyandu kali ini mengangkat tema "Ayo Rajin Ke Posyandu Demi Generasi Sehat, Hebat, dan Bebas Stunting" 


Kegiatan posyandu terpadu itu, diikuti 173 balita yang berusia 0 sampai 5 tahun berasal dari Pekon Pantau, Suka Menanti dan Kelurahan Pasar Liwa. 


Pada kesempatan itu, dilakukan juga penyerahan bantuan berupa enam buah meja, 161 buah Kursi, timbangan bayi dan dewasa, alat ukur tinggi bayi dan bantuan alat musik Hadroh untuk dua Grup Hadroh Kelurahan Pasar Liwa. 


Selain itu, dilakukan juga pemberian penghargaan kepada Ayah Antar Anak Posyandu (Ayandu) kepada enam orang, pemberian sertifikasi Air Susu Ibu (ASI) eksklusif terhadap enam orang dan bantuan pada balita stunting dan gizi kurang sebanyak tiga balita. 

Lalu dilakukan juga, pembagian Doorprize terhadap masyarakat lingkungan Kelurahan Pasar Liwa.


Setibanya di lokasi bupati lampung barat yang di dampingi ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejateraan Keluarga (TP-PKK) Partinia Parosil Mabsus turun langsung menyambangi lokasi pendaftaran kegiatan posyandu terpadu. 


Parosil Mabsus, langsung mengendong salah satu balita sambil melakukan dialog kepada orang tua balita, dilanjutkan  menyempatkan diri untuk turut langsung bersama petugas posyandu melakukan pelaksanaan pemberian vitamin terhadap balita. 


Menurut Parosil Mabsus kegiatan posyandu seperti ini, memiliki arti dan peran yang penting untuk kelanjutan generasi anak-anak kedepannya. 

"Sekarang ini isu  nasional yang menjadi perhatian yaitu isu stunting," Sebutnya. 


Harapan kedepannya Peratin maupun Lurah yang terdapat di Kabupaten Lampung Barat dapat bekerjasama dengan bidan atau dinas terkait untuk menekan angka Stunting, karena menurut parosil kasus stunting perlu penanganan yang serius maka dari itu tidak dapat hanya ditangani Pemerintah saja namun perlu adanya kerja sama dari seluruh lapisan masyarakat. 


Parosil meminta kepada seluruh lapisan masyarakat kedepannya harus merubah pola pikir bahwa Puskesmas bukan hanya tempat berobat, tetapi tempat berkonsultasi pencegahan dini terhadap penyakit agar masyarakat mengetahui pola hidup sehat. 


Selain itu, Pakcik berharap agar masyarakat sebelum melakukan pernikahan dapat diberi bimbingan terhadap pengetahuan pentingnya pemberian nutrisi pada masyarakat guna untuk mencegah keturunan yang mengalami stunting. 


Selanjutnya, Pakcik mengatakan di akhir bulan September seluruh puskesmas yang terdapat di Kabupaten Lampung Barat akan melayani medical cek up. 


Terakhir Parosil mengapresiasi kepada bapak Irwansyah yang mendapatkan penghargaan Ayah Antar Anak Posyandu karena menurutnya menjaga kesehatan anak bukan hanya tanggung jawab seorang ibu saja, namun tanggung jawab  bersama selaku pasangan suami istri 


Sementara itu, Masduki, selaku tokoh masyarakat Kelurahan Pasar Liwa, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, atas bantuan yang diberikan.


Masduki pun mengklaim, program-program yang digulirkan Pemkab Lampung Barat di masa kepemimpinan Parosil Mabsus dan Wakilnya Mad Hasnurin telah sukses dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakatnya, ucapnya.


Turut hadir juga pada kegiatan tersebut, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Lampung Barat, Hj. Gusti Komarawati, sejumlah Kepala Perangkat Daerah, Camat, Lurah dan para peserta posyandu.(lia) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages