Bupati Lamtim Zaiful Bokhari Resmi Buka Festival Way Kambas 2019 - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Minggu, 10 November 2019

Bupati Lamtim Zaiful Bokhari Resmi Buka Festival Way Kambas 2019


Lamtim, Harian Koridor.com-Labuan Ratu Lamtim - Kemeriahan pembukaan acara Festival Pesona Way Kambas  tahun 2019 kali ini diawali dengan  kegiatan Fun Bike yang mana mengambil lokasi start di Lapangan Way Jepara, tak hanya itu, pembukaan lomba tari melinting dan pembukaan Kemah Saka Pariwisata di Rest Area Taman Nasional Way Kambas juga suatu hal yang tak kalah menariknya membuat antusisme masyarakat geliat takmau ketinggalan menyaksikan pesta tahunan agenda pemda kabupaten Lampung Timur.
Selanjutnya, bertepatan dengan festival pesona Way Kambas yang merupakan moment akbar  itu dilaksanakan pula pengukuhan susunan pengurus Mabi, Pimpinan, Pamong dan Instruktur Saka Pariwisata Tingkat Cabang Lampung Timur Masa Bakti 2017-2022.
Parade alias pawai Gajah merupakan salah satu dari berbagai kegiatan yang sangat di tunggu tunggu masyarakat karena salah satu rangkaian kegiatan yang sangat khas dalam meriahkan pembukaan Festival pesona Way Kambas tahun 2019 pada sabtu (09/11/2019). Event yang paling diminati ini  di buka langsung oleh orang nomor satu di Lampung Timur  yaikni , bupati Zaiful Bokhari.
Dilakukan secara symbolis dengan pemukulan gong sebanyak 9 kali, Pembukaan secara resmi Festival pesona Way Kambas yang memasuki tahun ke-XIX ini oleh Bang Ipul sapaan akrab Zaiful, dengan didampingi Menteri Pariwisata Republik Indonesia dalam hal ini diwakili oleh Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Destinasi Wisata Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI Reza Fahlevi, Anggota DPRD Provinsi Lampung, Muhammad Khadafi Azwar, dan Azwar Hadi, Kepalai Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Subakir, para Anggota DPRD Lampung Timur, Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Timur, Puteri Ernawati Zaiful Bokhari, beserta Organisasi Wanita di kabupaten setempat dan Para Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD dan Bagian pemerintah daerah Kabupaten Lampung Timur.
Memasuki acara inti, parade gajah sebanyak 15 ekor melaksanakan  pawai dengan membawa iring-iringan bupati beserta tamu undangan lainnya menjadi salah satu hal yang sangat mengundang animo para pengunjung yakni pada saat kedatangan Bupati beserta rombongan yang hadir itu disambut langsung dengan penampilan kesenian bela diri Kuttau khas seni budaya adat tradisional Lampung.

Kemeriahan semakin berlanjut saat tampilnya parade budaya yang mengunjukkan berbagai macam keanekaragaman hasil bumi dari 24 kecamatan yang ada di Lampung Timur. Setelah itu, acara juga dimeriahkan dengan atraksi Polisi Cilik yang lucu dan menggemaskan tersebut merupakan binaan  dari Polres Lampung Timur yang beberapa waktu lalu telah berhasil meraih   juara ditingkat Provinsi dan dalam waktu dekat  akan segera tampil dihadapan Presiden RI Istana Bogor diwaktu mendatang.

Perhelatan akbar festival yang mengangkat tema "Bersama Membangun Alam dan Budaya Untuk Lampung Timur Sejahtera” ini rasanya sudah menjadi hal wajib bagi para pengunjung pesta tahunan untuk melihat penapilan atraksi binatang gajah yang selalu ada dan wajib dalam setiap  Festival Way Kambas,dan hal serupa sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni melakukan pawai untuk membawa para tamu, selain itu gajah juga mengalungkan bunga kepada Bupati Lampung Timur dan tamu kehormatan lainnya.


Rangkaian kegiatan festival lainnya adalah melakukan pemeriksaan kesehatan, serta pengibaran bendera Festival Pesona Way Kambas. dan bebagai rupa kesenian tari-tarian mulai dari tari sigeh punguten hingga tari kreasi sebagai bentuk promosi budaya kepada para tamu serta seluruh pengunjung yang menyaksikan.

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Lampung Timur, Zaiful Bokhari berharap melalui kegiatan ini dapat semakin memperkuat branding Taman Nasional Way Kambas dan Kabupaten Lampung Timur di kalangan wisatawan mancanegara maupun lokal dari segala penjuru nusantara.

"Penyelenggaraan festival yang sudah diselenggarakan ke-19 kalinya ini diharapkan mampu menjadi ajang promosi kekayaan alam dan budaya yang dimiliki Kabupaten Lampung Timur. Karena selain sebagai festival unggulan di Kabupaten Lampung Timur, Festival Way Kambas juga menjadi salah satu unggulan Kementerian Pariwisata RI, untuk itu festival ini akan terus dilakukan secara berkesinambungan dan konsisten agar semakin memperkuat branding Taman Nasional Way Kambas dan Kabupaten Lampung Timur di mata dunia khusus dunia kepariwisataan."


Pada kesempatan yang sama tak lupa pula, Zaiful menambahkan, bahwa Festival Way Kambas menjadi salah satu ajang promosi bagi wisata lain yang ada di Lampung Timur sekaligus mengajak peran aktif masyarakat untuk hadir dalam aktivitas wisata dengan mengoptimalkan potensi desa di setiap destinasi wisata yang membawa dampak peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat serta mengingatkan pengunjung untuk menjaga,melindungi dalamkelestarian hutan.

"Saya berharap dengan adanya Festival Way Kambas ke-19 ini dapat meningkatkan jumlah pergerakan wisatawan  nusantara dan mancanegara, mari sama-sama kita bergandengan tangan untuk membangun Lampung Timur  karena pemerintah daerah tidak dapat berjalan dan bekerja sendiri tanpa dukungan, kerjasama serta doa dari seluruh masyarakat dan rekan media dalam hal publikasi.

Ditempat yang sama Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Destinasi Wisata Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI Reza Fahlevi mengatakan. "beliau sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, karena melalui kegiatan semacam ini banyak dampak positif yang didapatkan khususnya dibidang pariwisata.

"Salah satu sarana atau strategi untuk mempromosikan wisata adalah melalui event atau kegiatan, karena melalui itu kita mampu menghadirkan banyak orang, seperti wisatawan nusantara maupun mancanegara.


"Selain itu melalui kegiatan ini, kita memiliki semangat untuk melestarikan budaya dan alam, serta menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga berdampak pada meningkatnya perekonomian masyarakat, oleh karena itu kami mengapresiasi yang sebesar-besarnya atas apa yang sudah dilakukan oleh Pemkab Lampung Timur ini", ujarnya.

Festival pesona Way Kambas kali ini,selain berbagai kegiatan yang telah di dilaksanakan, diadakan pula lomba Festival Kuliner. Dan keluar sebagai juara pertama pada ajang yang satu ini ialah, Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah, serta Dinas Kesehatan, juga Sekretariat DPRD Lampung Timur sebagai juara kedua dan ketiga.


Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari dengan semangatnya tetap menyempatkan diri mengunjugi berbagai stand  termasuk stand pameran souvenir. (red).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages