Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi Dinyatakan Berstatus Waspada - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Minggu, 29 Desember 2019

Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi Dinyatakan Berstatus Waspada


Jakarta, Harian Koridor.com-Gunung Anak Krakatau kembali erupsi pagi ini dan dinyatakan berstatus Waspada. Masyarakat pun diimbau tak mendekat ke lokasi.

Berdasarkan situs resmi Badan Geologi Kementerian ESDM, Minggu (29/12/2019), telah dilakukan pengamatan tiap enam jam pada pukul 06.00-12.00 WIB hari ini. Masyarakat dinyatakan tidak diperbolehkan mendekat dalam radius 2 km dari kawah.

“Masyarakat/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 km dari kawah,” tulis Badan Geologi dalam situs resminya.

Berdasarkan hasil pengamatan, gunung api tertutup kabut. Teramati asap kawah utama berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tebal tinggi sekitar 100-200 meter dari puncak.

“1 kali gempa Tremor Menerus dengan amplitudo 1-40 mm, dominan 25 mm,” tulis situs tersebut.

Cuaca di lokasi terpantau berawan hingga mendung, angin lemah ke arah timur. Suhu udara sekitar 24,9-28,9°C, sementara kelembaban 49-52 persen.

Sebelumnya diberitakan, Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi pagi tadi. Status Gunung Anak Krakatau kini Waspada.

“Telah terjadi erupsi Gunung Anak Krakatau, Lampung pada tanggal 29 Desember 2019 pukul 05.29 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 50 m di atas puncak (± 207 m di atas permukaan laut),” tulis Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral di akun Instagram kabargeologi, Minggu (29/12).

Berdasarkan visual CCTV kawah, teramati letusan dengan tinggi 200 meter dari dasar kawah. Status gunung yang kini Waspada membuat masyarakat tak boleh mendekati kawah.

“Saat ini Gunung Anak Krakatau berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi masyarakat/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 km dari kawah,” tulis Badan Geologi Kementerian ESDM .(Dtk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages