Kampung Bumi Baru Way Kanan Berikan Sosialisasi Protokol Kesehatan - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Rabu, 24 Juni 2020

Kampung Bumi Baru Way Kanan Berikan Sosialisasi Protokol Kesehatan


Way Kanan, Harian Koridor.com-Di Era New Normal aparatur Kampung Bumi Baru dan Puskesmas setempat. Tetap memberikan sosialisasi untuk tetap menjalankan protokol kesehatan.

Sosialisasi yang dilaksanakan di pasar Mingguan Kampung Bumi Baru, Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan.

Menyasar kepada para pedagang dan pengunjung pasar saat mereka berinteraksi, dan bertransaksi di pasar, Rabu (24/6/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan meliputi, pengecekan suhu badan baik pengunjung maupun pedagang, menegur dan mengingatkan pengunjung dan pedagang yang lalai tidak menggunakan masker, serta memberikan masker gratis kepada mereka, menjaga jarak minimal 1,5 meter. Dan tidak boleh berlama-lama di pasar, serta dilarang membawa anak kecil ke pasar.

Dalam arahannya Kepala Kampung Bumi Baru A. Candra Kurniawan mengatakan, pihaknya serta puskesmas tidak akan bosan untuk menegur, mengingatkan dan menghimbau kepada seluruh masyarakatnya. Dan para pedagang untuk tetap menjalankan protokol kesehatan di era new normal ini, sehingga berdampak terbebasnya Kampung Bumi Baru dari Covid-19.

”Di era new normal ini, telah banyak masyarakat yang melalaikan protokol kesehatan, tetapi di Kampung Bumi Baru insya Allah akan tetap menjalankan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Khusus untuk di pasar kedepan nya, bagi masyarakat dan pedagang di pasar yang tidak menggunakan masker maka akan diberikan sanksi tegas. Yakni melarang mereka untuk beraktivitas di pasar, lanjut Candra, 

“Kami akan bertindak tegas untuk melarang masyarakat dan pedagang masuk pasar yang ketahuan tidak menggunakan masker. Semua ini dilakukan untuk menjaga kesehatan mereka,” tegasnya.

Sementara Putri Dwi Oktarini, SKM dari Puskesmas Kampung Bumi Baru, juga mensosialisasikan penting menjalankan protokol kesehatan di new normal demi menjaga kesehatan masyarakat. Dalam hal ini Putri Dwi Oktarini juga menyarankan, kiranya saat bertransaksi antara pembeli dan pedagang tidak serta berkontak langsung. Namun dapat menggunakan media lainnya dalam pembayaran. 

"Gunakan nampan atau alat media lain saat melakukan pembayaran kepada pedagang, dan pedagang juga dapat menggunakan media tersebut saat menyerahkan barang belanjaan pembeli, sehingga tidak terjadi kontak langsung antar keduanya,” kata Putri.

Menurut Putri jajaran Puskesmas juga mendukung ketegasan yang dilakukan oleh kepala Kampung Bumi Baru. Dalam hal menegaskan pemakaian masker saat bertransaksi dan interaksi di luar rumah.

“Terkadang masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker menjadi kendala sendiri. Oleh karena itu, kami sangat mendukung ketegasan yang dilakukan oleh Kepala Kampung Bumi Baru, semoga hal ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti pentingnya masker,” tutupnya.(ludi). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages