Bantuan Jaringan Irigasi Tersier Andalas Cermin Sangat Membantu Petani - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Selasa, 08 September 2020

Bantuan Jaringan Irigasi Tersier Andalas Cermin Sangat Membantu Petani


Tuba, Harian Koridor.com-Selain untuk mencegah terjadinya banjir, adanya jaringan irigasi juga dapat membantu petani terutama di saat kekeringan. Air yang ditampung saat curah hujan tinggi tersebut dapat disalurkan pada saat musim kemarau, sehingga ketersediaan air bagi tanaman dapat terjamin.


Seperti yang di lakukan Dinas Pertanian Tulangbawang (Tuba). melalui Gapoktan Kampung Andalas Cermin Kecamatan Rawa Pitu memberikan Bantuan Pembuatan Jaringan Irigasi Tersier di sawah petani yang saat ini sudah hampir selesai dan sudah dapat di manfaatkan.


Misrun Gapoktan menjelaskan, bantuan yang di laksanakan adalah 4 titik Jembatan pintu air, 30 titik talud ferosmen dengan panjang 240 Meter dan masing masing terbagi 8 meter. Bantuan tersebut sangat membantu dan memudahkan petani untuk mengaliri air dari sungai ke sawah mereka. Selasa (08/09/2020)


"Manfaat jaringan tersier ini untuk menahan air di pintu itu ketika petani mengaliri air ke sawah nya dengan mengunakan pompa aksial. "jelasnya.


Disisi lain Menurut Misrun jembatan nya juga dapat di lintasi petani dengan mudah untuk membawa hasil panen mereka serta alat Combine (Kombat) pun mudah melewatinya.


Agus salah satu Petani juga merasa senang dan sangat mendukung sekali dengan adanya bantuan tersebut karena pasca panen dan musim hujan mereka tidak terlalu sulit untuk melintasi jalan menuju sawah mereka.


"Ya sangat senang, karena kalau panen alat masuk ke sawah mau manen padi tidak kesulitan lagi mas mau lewat, yang semulanya muter dulu cari jalan yang agak enak, sekarang dengan adanya jembatan dan pintu air serta talud kami bisa dengan mudah melewati jalan menuju sawah kami,"ucap Agus.


Kami berharap pemerintah dapat terus mensuport dan mendukung petani Rawa Pitu. (Medi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Pages