Usaha Pemkot Metro Akan Lakukan PPKM Skala Mikro Guna Bangkitkan Perekonomian Masyarakat - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Kamis, 29 April 2021

Usaha Pemkot Metro Akan Lakukan PPKM Skala Mikro Guna Bangkitkan Perekonomian Masyarakat


Metro, Harian koridor.com-Wali Kota Metro pimpin rapat pemantapan pelaksanaan instruksi Wali Kota tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKM Mikro).


 Rapat yang berlangsung di OR Setda Kota Metro, Kamis, (29/04/21) tersebut, dihadiri juga oleh Wakil Wali Kota Metro, Kepala OPD, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kota Metro.


Wali Kota Metro dr. Wahdi Siradjuddin, Sp.OG. (K) menyampaikan, mengenai penurunan jumlah kasus terkonfirmasi, suspect dan probable selama dua minggu terakhir, penurunan jumlah meninggal dari kasus terkonfirmasi dan dari kasus suspect dan probable selama dua minggu terakhir.


 Penurunan jumlah kasus positif, suspect dan probable yang dirawat di RS selama dua minggu terakhir, kenaikan jumlah selesai pemantauan dan pengawasan dari os suspect dan probable selama dua minggu terakhir, penurunan laju insidensi kasus positif per 100.000 penduduk. 


Angka penurunan angka kematian, jumlah pemeriksaan spesimen meningkat selama dua minggu, serta jumlah tempat tidur di ruang isolasi RS rujukan mampu menampung jumlah pasien covid-19.


“Tujuan vaksinasi adalah membentuk kekebalan, menurunkan kesakitan dan kematian akibat covid-19, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, dan menjaga produktifitas serta meminimalkan dampak sosial dan ekonomi. Untuk jumlah nakes terlatih dalam hal ini dokter, perawat dan bidan, tatalaksana covid-19 adalah puskesmas yang berjumlah 55 orang dari sebelas faskes, RS Pemerintah dan swasta 45 orang dari 9 faskes, serta klinik yang berjumlah 9 orang dari 2 faskes,” terangnya.


Lanjut Wahdi Siradjuddin, bahwa Pemkot Metro berupaya semaksimal mungkin dengan daya kekuatan melakukan PPKM skala mikro, yaitu dengan membentuk rumah isolasi melalui KTN dengan prioritas zona orange, meningkatkan kualitas RS penanganan covid dengan kapasitas perawatan dan ruang isolasi terstandarisasi, Pemkot Metro terus berusaha menaikan kapasitas tempat tidur isolasi dan ICU covid-19.

 

Guna terus meningkatkan sosialisasi kedisiplinan prokes 5M, mempercepat vaksinasi terutama kepada masyarakat yang berpotensi terjangkit dan komorbid, namun dengan keterbatasan penyediaan vaksin tentu berpengaruh juga kepada angka insiden.


Selanjutnya adalah dengan melakukan skrining ketat dipintu-pintu masuk menuju Kota Metro, dimana Kota kita merupakan daerah perlintasan dan tujuan dari pergerakan orang-orang dari wilayah sekitar. 


Kemudian meningkatkan operasi yustisi dan memberikan sanksi tegas kepada siapapun yang melanggar instruksi Wali Kota tentang PPKM mikro, dan membuat tim monev rumah isolasi di kelurahan. (Husni)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages