Warga Portal Lahan Kebun Yang Dibuat PT.PJA Jalan Tanpa Izin - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Kamis, 20 Mei 2021

Warga Portal Lahan Kebun Yang Dibuat PT.PJA Jalan Tanpa Izin


Pringsewu, Harian koridor.com-Ormas DPD Tampil (Tim Andalan Masyarakat Pasukan Inti Lampung) Kabupaten Pringsewu dengan berbekal surat kuasa dari tiga orang warga untuk melakukan pendampingan dalam upaya mencari keadilan karena tanah tersebut yang berlokasi di samping Way Waya, Pekon Sumber Bandung, Kecamatan Pagelaran Utara, sudah selama tiga tahun dilalui menjadi kendaraan angkutan pasir PT.PJA. pada rabu 19.05.2021.kemarin.

Sebagai bentuk penyampaian aspirasi warga yang didampingi ormas tampil melakukan pemortalan pada lahan tanah milik warga yang dibuat jalan tanpa izin, sehingga selama tiga tahun ini tanah lahan perkebunan warga ini sudah rusak karena dibuat jalan kendaraan angkutan pasir milik PT.PJA tersebut.


Ormas Tampil di berikan kuasa dari ketiga warga Rodin (42) sertifikat 4.000 Meter, A. Nawawi (36) Surat Hibah 3000 meter, Asman (36) surat hibah 2500 meter. Ormas Tampil dengan masyarakat memasang portal penghalang jalan dilokasi tanah warga tersebutyang telah dipergunakan sebagai jalan masuk PT. Pringsewu Jaya Abadi (PJA) tambang pasir. 


Saat dilokasi pemortalan koordinator ormas tampil Suyudi bersama dengan ketua Tampil Pringsewu, Bang Edi dan Febri Kurniawan,SH selaku kuasa hukum ormas Tampil dilokasi tanah yang diportal mengatakan warga tidak berkenan jika tanahnya dilalui kendaraan angkutan pasir, karena selama ini mereka sudah dirugikan karena lahan mereka yang awalnya kebun sekarang sudah rusak.


Warga meminta ganti rugi tanam tumbuh yang rusak akibat kegiatan penambangan pasir dari pihak PT.PJA yang selama ini di lewati untuk jalan perusahaan tanpa kompensasi dan ganti rugi, warga beberapa kali menghubungi pihak PJA namun menemui jalan buntu.


Portal ini akan di buka sampai ada kejelasan  karena tanah yang di lewati perusahaan PJA sudah bersertifikat, oleh karena itu warga memblokade jalan karena lalu lalang truk besar pengangkut material tambang sudah merusak tanah lahan kebun warga.


Namun karena saat itu juga direspon oleh PT.PJA, sehingga terjadilah rembuk antara Ormas Tampil dan warga bersama PT.PJA yang disaksikan oleh pihak kepolisian sektor pagelaran, awalnya warga menolak membuka portal sebagaimana keinginan pengusaha tambang pasir, namun karena hasil rembuk yang alot akhirnya warga mengalah membuka sendiri portal jalan, dengan harapan pihak PT.PJA, akan akan mendengar aspirasi warga tersebut, maka sebagai jalan terbaiknya sore hari portal jalan dibuka oleh warga bersama ormas Tampil, namun jika tidak ada iktikat baik pihak PT.PJA menanggapi aspirasi warga tersebut tentunya akan melakukan hal serupa lagi kedepannya karena jelas ini adalah hak milik warga, Ucapnya. (wagiman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages