UMPRI Adakan Pengajian Songsong Ramadhan 1443 H - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Selasa, 29 Maret 2022

UMPRI Adakan Pengajian Songsong Ramadhan 1443 H


Pringsewu,Harian Koridor.com-Universitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI) melalui Lembaga Pendidikan, Pembinaan dan Pengembangan Al Islam Kemuhammadiyahan (LP3AIK) adakan kegiatan pengajian Songsong Ramdhan 1443 H di Aula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Di adakan pada tanggal 25 Sya'ban 1443 H atau 28 Maret 2022. Kegiatan ini di ikuti oleh seluruh Pimpinan, Dosen, Staf dan karyawan. Hadir juga dalam acara ini ketua dan anggota BPH dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pringsewu. 


Pengajian song Ramadhan tahun 1443 H, mengambil tema "Ramadhan Madrasah Insan Berkemajuan",  tema ini adalah harapan bahwa ramadhan tahun ini menjadikan tempat pendidikan kebaikan dan ketaatan yang bersumber dari hati. Maka ramadhan menjadi proses untuk melakukan perbaikan terhadap jiwa. Karena pada hakekatnya semua ibadah dalam Islam itu adalah proses merawat jiwa. Ungkap Saukani (Kepala LP3AIK). 


Lebih lanjut beliau menyampaikan, Kegiatan ini adalah kegiatan rutin, diadakan menjelang ramadhan. Dengan harapan kajian ramadhan ini membantu persiapan dan menjadi penguat civitas UMPRI dalam menjalankan ibadah puasa. Kegiatan ini menghadirkan pembicara yaitu Ustad. Drs. Mansur Hidayat, M.Sos.I, beliau adalah Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung dan sekaligus Sekertaris Umum MUI Lampung. Tutup ketua LP3AIK. 


Dalam sambutan Rektor UMPRI bapak Drs. Wanawir, AM. MM, M.Pd. menyampaikan kegiatan ini adalah kegiatan penting untuk di ikuti oleh civitas UMPRI. Kegiatan ini bukan hanya sekedar pengajian tapi ini adalah bukti kesungguhan kita sebagai orang yang beriman dalam menyambut dan menjalan ibadah puasa ramadhan. Ibadah Ramadhan adalah  kepentingan individu baik dalam menjalankan maupun pahalanya. 


Maka, ramadhan tahun ini bagi UMPRI adalah keistimewaan maka kegiatan ini harus diikuti secara tuntas. Kami ucapkan terima kasih kepada LP3AIK yang telah menyejadi penyelenggara  kegiatan pengajian ini. Dan saya ucapkan terima kasih atas kehadiram Bapak ibu sivitas UMPRI. Terakhir  tema yang ada, mari kita jadikan Ramadhan menjadi madrasah untuk menjadikan diri kita  menjadi maju baik akal, hati dan prilaku. Pungkasnya. 


Ustad. Drs. Mansur Hidayat, M.Sos.I yang mengiai tausiah menyampaikan bahwa puasa Ramadhan merupakan  prosos untuk menjadikan manusia yang terbaik. Puasa bukan saja melakukam pendidikan fisik saja tapi puasa juga mendidik rohani pada manusia. Modal dari puasa ini keimanan (keyakinan), dan hasilnya  akan mendapat kepastian dan tidak ada pilihan yaitu ketaqwaan (ketaatan), cinta dan kasih sayang dari Allah SWT. 


Oleh karenanya dalam ibadah ramadhan ini kita harus membuat target, puasa kita tidak boleh biasa-biasa saja. Maka berpuasa itu ditujukan kepada Allah, tanggalkan orientasi manusiawi apalagi hewani. Puasa itu  istimewa karena Allah langusng yang memberikan balasan. Maka puasa harus mengikuti sunnah Nabi, agar semua kegiatan dalam ramadhan menjadi yang terbaik. Dan yang terpentingan dalam puasa mengendalikan 5 indra lahiriyah (Ucapan, penglihatan, pendengan, peraba, pencium) dan 5 indra batiniah. 


Berdasarkan endara Pimpinan Pusat Muhammadiyah bahwa puasa Ramadhan tahun 1443 H jatuh pada tanggal 2 April 2022. Semua aktifitas yang dilakukan oleh warga Muhammadiyah termasuk di dalamnya sivitas UMPRI untuk menghidupan suasa ibadah selama ramadhan.(*) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages