Bupati Tanggamus Dewi Hadiri Peresmian Pasar Talang Padang - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Rabu, 27 Juli 2022

Bupati Tanggamus Dewi Hadiri Peresmian Pasar Talang Padang


Tanggamus,Harian Koridor.com-Bupati Tanggamus Dewi Handajani  Hadiri Peresmian Pasar Talang Padang bertempat di Pasar Talang Padang, Pekon Sukarame Kec. Talang Padang Kabupaten Tanggamus,  Pada hari Rabu, tanggal 27 Juli 2022.


Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain : Hj. Dewi Handajani, S.E.,M.M. (Bupati Kab. Tanggamus), Hi. A.M. Syafi'i, S.Ag. (Wakil Bupati Kab. Tanggamus), Letkol Arm Micha Arruan, S.E.,M.M. (Dandim 0424/Tanggamus), AKBP Satya Widhy Widharyadi, S.I.K. (Kapolres Tanggamus), AKBP Oni Prasetya (Kabagada Rolog Polda Metro Jaya, Indrawan (Dirut PT Litekma), Ali Habib, SH. (Kacabjari Talang Padang), Drs. Hery Heriyadi (Kadis Koperindag dan UKM Kab. Tanggamus), Kompol Misbahudin (Ketua APPSI Tanggamus), Agustam Hamied (Camat Talang Padang), Kapten Inf Juliani Abri (Danramil 424-04/Tlp), Iptu Bambang Sugiono (Kapolsek Talang Padang), Ny. Sri Nilawati Syafi'i (Ketua TP PKK Kab. Tanggamus), Ny. Nur'aini Hamid Lubis (Ketua DWP Kab. Tanggamus), Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Para Kepala OPD jajaran Pemerintah Kabupaten Tanggamus, dan Tamu Undangan.


Drs. Hery Heriyadi Selaku Kadis Koperindag dan UKM Kab. Tanggamus), menyampaikan laporan sebagai berikut :

Pembangunan Pasar Talang dilaksanakan atas MoU antara Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus dengan PT. Lingga Tekhnik Utama yang ditandatangani pada tanggal 19 Februari 2021.

Ada pun biaya pembangunan keseluruhan menjadi tanggung jawab PT Lingga Teknik Utama. 


Lanjut her Pembangunan pasar dimulai pembangunan TPS pada bulan Mei 2021 selama 1 bulan sebanyak dibangun 300 unit, pembongkaran pembangunan pasar lama dilaksanakan bulan juli 2021 pembangunan pasar baru Talang Padang dari bulan September 2021 sampai dengan bulan Juli 2022, dan Pada hari ini Rabu 27 Juli 2022, Pasar Tradisional Semi Modern Talang Padang akan diresmikan.

Terdapat 2 Pasar yang dilakukan revitalisasi/rehabilitasi yaitu Pasar Talang Padang dan Pasar Sirna Galih Kecamatan Ulu Belu.


Sementara Hj. Dewi Handajani, S.E.,M.M. (Bupati Kab. Tanggamus), dalam sambutannya menyampaikan,Pemerintah Kabupaten Tanggamus mempunyai perhatian yang besar dalam pembangunan ekonomi kerakyatan. Dalam pelaksanaan pembangunan mewujudkan kesejahteraan yang merata, sektor ekonomi merupakan salah satu prioritas yang harus ditumbuh kembangkan melalui optimalisasi pemberdayaan ekonomi kerakyatan.



Pasar masih menjadi salah satu jantung perekonomian kerakyatan. Kedudukan pasar tradisional masih tetap penting dan menyatu dalam kehidupan masyarakat. Banyak masyarakat yang masih membutuhkan pasar tradisional dalam mencari pendapatan dan juga kebutuhan dalam transaksi jual beli.


Guna peningkatan eksistensi pasar tradisional, diperlukan adanya fasilitas dan utilitas yang representatif, yang sesuai dengan perkembangan dan tuntutan dinamika masyarakat. Pasar harus mampu menjadi area transaksi yang nyaman dan aman, sehingga dapat memberikan kontribusi yang maksimal dalam pertumbuhan ekonomi.


Presiden Joko Widodo telah menyampaikan arahan agar melaksanakan dan mensukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Gerakan ini dibangun sebagai wujud cinta terhadap bangsa dan Negara, salah satunya dengan mencintai produk dalam negeri. Dengan melakukan itu, kita dapat membantu pemerintah meningkatkan perekonomian kita. Salah satu contohnya adalah membeli dan belanja kebutuhan dari produk UMKM lokal. Karena UMKM adalah lokomotif kekuatan bangsa dalam menghadapi tantangan ekonomi dan pembangunan.


Untuk Kabupaten Tanggamus, Mari kita memenuhi kebutuhan pokok dengan membeli dan belanja dari produk yang diproduksi dalam daerah Kabupaten Tanggamus. Khususnya bahan pokok atau barang yang di produksi oleh UMKM di Kabupaten Tanggamus. 



Adapun tujuan diadakannya peresmian pasar ini adalah sebagai upaya peningkatan pelayanan terhadap masyarakat, sarana dan prasarana umum seperti pasar, harus terus dilengkapi dan ditingkatkan demi tercapainya pelayanan yang prima dan ideal terhadap masyarakat, salah satu pembangunan yang dianggap penting dan mendesak untuk direalisasikan adalah revitalisasi/rehabilitasi pasar tradisional yang merupakan tempat pedagang dan konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.


Pelaksanaan revitalisasi/rehabilitasi pasar di Kabupaten Tanggamus pada tahun anggaran 2021 yang lalu difokuskan pada 2 (dua) pasar yaitu Pasar Talang Padang kecamatan Talang Padang dan Pasar Sirna Galih Kecamatan Ulu Belu, dasar pelaksanaan

revitalisasi/rehabilitasi pasar ini dikarenakan kondisi pasar yang sudah tidak layak/rusak dan perlu diadakan upaya perbaikan secara total, sehingga dapat tertata dengan baik guna menciptakan pasar yang bersih, indah dan berseri.


Atas nama Pemerintah menyampaikan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada PT. Lingga Teknik Utama, selaku kontraktor dan pengembang Pasar Talang Padang ini yang telah mewujudkan keinginan dan harapan warga masyarakat Talang Padang dan sekitarnya. 9. Pembangunan Pasar Talang Padang ini sudah sejak lama diharapkan oleh masyarakat dan Pemkab Tanggamus, namun karena terkendala banyak hal, maka baru ini pembangunan pasar dapat diselesaikan dengan baik oleh PT. Lingga Teknik Utama, dan hari ini sama-sama kita resmikan penggunaannya.


Ucapan terimakasih dan apresiasi disampaikan kepada para Pedagang, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Pemuka Agama, KepalaOPD, Camat beserta para Kepala Pekon serta seluruh komponen masyarakat Kabupaten Tanggamus atas segala kontribusi dalam mendukung pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Tanggamus, selanjutnya mengajak agar dapat ikut berperan serta agar keberadaan Pasar Talang Padang Kecamatan Talang Padang, ini dapat terus eksis dan mengalami kemajuan yang berkesinambungan, mulai hari ini sampai masa yang akan datang. Mari kita jaga dan rawat bersama-sama, semoga penggunaan Pasar yang kita resmikan pada hari ini, dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya warga masyarakat Kecamatan Talang Padang.(*) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages