Tolak PHK Sepihak, Konsorsium Adukan PT Masa Kini Mandiri ke Disnaker - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Kamis, 12 Januari 2023

Tolak PHK Sepihak, Konsorsium Adukan PT Masa Kini Mandiri ke Disnaker


Bandarlampung,Harian Koridor.com-Konsorsium Gerakan Pekerja Media membuat pengaduan ke Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandar Lampung, Kamis, 12/1/2023. Pengaduan dimaksud terkait pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak oleh PT Masa Kini Mandiri atau dikenal _Lampung Post_. 

 

Derri Nugraha, Koordinator Konsorsium Gerakan Pekerja Media, mengatakan PT Masa Kini Mandiri merumahkan sejumlah pekerja, di antaranya Dian Wahyu. Pada 8 Desember 2022, pihak manajemen memanggil Dian. Saat itu, manajemen perusahaan menyampaikan bahwa Dian masuk dalam program efisiensi.

 

Selanjutnya, terjadi beberapa kali pertemuan antara pihak manajemen dengan Dian. Dalam pertemuan-pertemuan tersebut manajemen menyatakan bahwa perusahaan merugi. Dian kemudian meminta bukti kerugian dimaksud. Namun, unit bisnis Media Group itu tak dapat menunjukkan bukti.

 

Pada 29 Desember 2022, PT Masa Kini Mandiri mentransfer sejumlah uang ke rekening Dian. Manajemen perusahaan menyebut uang itu sebagai pesangon, penghargaan masa kerja, sisa cuti, uang pulsa dan uang makan tertunda. Dian sempat menanyakan apakah ada dokumen yang ditandatangani, namun pihak perusahaan bilang tak ada.


“Melihat proses-proses yang dilakukan perusahaan, kami menilai tidak patut secara hukum. Karena itu, kami menolak PHK sepihak oleh perusahaan,” kata Derri. 


Ketua Divisi Advokasi dan Ketenagakerjaan AJI Bandar Lampung itu menyatakan, dalam memenuhi hak Dian sebagai pekerja, pihak perusahaan menerapkan UU 11/2020 tentang Cipta Kerja, serta Peraturan Pemerintah 35/2021 tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Alih Daya, Waktu Kerja dan Waktu Istirahat, dan Pemutusan Hubungan Kerja. Padahal, Mahkamah Konstitusi (MK) memutus bahwa UU Cipta Kerja inkonstitusional bersyarat. Dalam putusannya, MK memerintahkan pemerintah dan DPR untuk memperbaiki UU itu selambat-lambatnya dua tahun. 


Bukannya mengoreksi, pemerintah justru menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja. Beleid itu ditetapkan pada 30 Desember 2022. Artinya, pemutusan hubungan kerja sepihak terhadap Dian sebelum terbit Perpu Cipta Kerja.   


“Seharusnya, perusahaan tetap menggunakan UU 13/2003 tentang Ketenagakerjaan sebagai acuan dalam PHK,” ujar Derri.


Menurutnya, kehadiran UU Cipta Kerja berdampak buruk terhadap pekerja. Banyak hak pekerja yang hilang. Salah satunya, Pasal 163 dan Pasal 164 UU Ketenagakerjaan dihapus dalam UU Cipta Kerja. Kedua pasal ini mengatur tentang hak pekerja atas pesangon sebesar dua kali dari ketentuan Pasal 156 ayat (2). 


Melihat kondisi pekerja yang semakin rentan, konsorsium pun menyerukan pembentukan serikat pekerja media di Lampung. Keberadaan serikat pekerja penting untuk menjaga hak-hak pekerja serta posisi tawar pekerja di perusahaan.  


Konsorsium Gerakan Pekerja Media terdiri dari berbagai organisasi masyarakat sipil. Selain AJI, organisasi yang tergabung dalam konsorsium ini, yaitu Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandar Lampung, LBH Pers Lampung, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Lampung, dan Aliansi Pers Mahasiswa Lampung.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages