11 Bocah Diduga Alami Pencabulan di Bandar Lampung, Taufik Basari Sebut Darurat! - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Sabtu, 07 November 2020

11 Bocah Diduga Alami Pencabulan di Bandar Lampung, Taufik Basari Sebut Darurat!


Bandar Lampung,Harian Koridor.com-Anggota komisi III DPR RI Taufik Basari angkat bicara terkait kasus pencabulan ini. Menurutnya, kasus pencabulan terhadap  perempuan dan anak sudah masuk dalam kategori darurat. Dirinya mengaku sangat prihatin atas kondisi ini dan meminta pihak kepolisian bekerja ekstra mengungkap kasus ini dengan tetap menjaga hak-hak korban.


"Saya minta kepolisian di Bandar Lampung bekerja serius, kasus ini bukan sepele, sudah masuk kategori darurat. Harus ditelusuri dengan jelas sehingga korban-korban yang mengalami pelecehan seksual bisa terungkap" harapnya.


Taufik yang dalam beberapa kesempatan menyebut pentingnya penguatan unit PPA di Lampung, mengaku perlu ada kerjasama yang baik antara penegak hukum dengan masyarakat agar kasus kekerasan seksual terhadap anak bisa dibendung.


"Peranan orangtua dan lingkungan untuk mencegah dan mengantisipasi potensi kekerasan seksual perlu menjadi perhatian bersama. Apabila pengawasan masyarakat lemah, di situ bisa muncul peluang terjadinya kekerasan sesual termasuk pencabulan dan perkosaan. Pihak kepolisian juga harus aktif melibatkan masyarakat, jangan sampai makin banyak korban dan polisi akhirnya hanya bisa bertugas menangani saat muncul pidana, pencegahan juga harus berjalan" jelas Taufik. 


Anak-anak yang menjadi korban kekerasan seksual akan mendapatkan gangguan secara mental dan fisik, yang bisa  terjadi dalam jangka yang panjang. Olehnya itu, Taufik mendorong adanya kesadaran bersama semua pihak untuk terlibat dan mendukung upaya pencegahan. Dirinya juga menyinggung pentingnya RUU Penghapusan Kekerasan Seksual kembali dimasukkan dalam Prolegnas 2021 sehingga bisa segera disetujui untuk diundang-undangkan. 


Beberapa waktu lalu bahkan Taufik secara khusus bertemu dengan seluruh Unit Perlindungan Perempuan Anak di seluru Polres Se-Lampung untuk memberikan semangat dan perhatian terhadap kerja-kerja dari unit ini. Terkait dengan kasus-kasus kekerasan seksual yang terjadi di Lampung Taufik juga mengadakan diskusi dengan lembaga pendamping korban seperti Damar Lampung dan LBH Bandar Lampung.


Terakhir, Taufik juga berharap ada hukuman setimpal yang diberikan kepada pelaku tindak kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak, apalagi tindakan ini sangat merusak mental dan fisik dan masa depan korban. 


Hingga kini, Polresta Bandar Lampung baru menerima 2 laporan dari 11 korban yang diduga mengalami pelecehan seksual. 4 orang anak sudah dimintai keterangan sementara yang lainnya masih dalam pengembangan.(sep).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages