Bupati Tanggamus Resmi Buka Lomba Da'i Cilik - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Kamis, 19 November 2020

Bupati Tanggamus Resmi Buka Lomba Da'i Cilik


Tanggamus, Harian Koridor.com-Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE.MM. menghadiri sekaligus membuka Lomba Da'i Cilik Tingkat Kabupaten Tanggamus Tahun 2020.

Dengan tema " Dengan Lomba Da'i Cilik kita Lahirkan Generasi Milenial yang Beriman, cerdas dan bertakwa serta mewujudkan Kabupaten Tanggamus yang Tangguh Agamis Mandiri Unggul dan Sejahtera". Di GSG Pekon Gisting Bawah Kecamatan Gisting, Kamis (19/11/20)


Hadir Staf Ahli Bupati Firman Ranie, Kabag Kesra Sekretariat Daerah Arpin,S. PD., para Camat Se Tanggamus,Para Dean Juri/Tokoh Penilai dan Agama,serta para peserta Da'i Cilik se Tanggamus.


Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, 

Saya Atas nama pribadi dan atas nama

Pimpinan Pemerintah Kabupaten Tanggamus, menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan yang 

dilaksanakan oleh Bagian Kesra Setdakab Tanggamus dan diikuti oleh seluruh perwakilan Da’i Cilik

Kecamatan se-Kabupaten Tanggamus, dimana masing-masing kecamatan mengirim 1 (satu) orang Da’i Cilik yang menurut ketentuan dibatasi yang 

berusia antara 7 tahun sampai dengan 15 Tahun.


Tujuan dari Da'i Cilik ini adalah untuk menghidupkan generasi milenial yang cerdas bertakwa dan beriman dalam rangka untuk mewujudkan Kabupaten Tanggamus yang Tangguh  agamis Unggul dan sejahtera dan Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini dan pelaksanaannya juga tetap mematuhi protokol kesehatan.


Kalaupun nanti ada yang menang akan kita lihat Eventnya dan lomba diajang Level yang lebih tinggi akan kita berikan Reward. Dan tentunya upaya kami untuk menciptakan dan mewujudkan generasi penerus yang akan datang sedini mungkin agar mereka bisa memiliki kemampuan kemudian memiliki pehamaman tentang agama yang baik dan tentunya ini adalah proses regenerasi  karena kedepan nanti mereka inilah yang akan mengganti tugas-tugas dan pengabdian kita.


Bagi saya mereka adalah juara dan saya menghimbau ajang lomba ini tidak hanya dipandang yang mendapat juara itulah yang terbaik tetapi semuanya terbaik ini hanyalah masalah kesempatan dan kegiatan lomba ini dalam rangka bentuk pembinaan juga dan nilai- nilai agama khususnya kepada anak-anak muda yang akan meneruskan generasi kita kedepan.

 

Lanjut Bupati, Lomba Da’i Cilik antar kecamatan se Kabupaten Tanggamus tidak lain tujuannya adalah melaksanakan Pembinaan dan pengembangan nilai-nilai keagamaan masyarakat Tanggamus dan memasyarakatkan nilai dan syiar agama Islam dalam upaya meningkatkan pemahaman, penghayatan ajaran Islam serta mensyiarkan dakwah Islam guna membangun masyarakat cerdas, bertakwa dan berakhlakul karimah.


Lomba yang diikuti oleh anak-anak yang berusia 15 tahun kebawah, yang mungkin saja masih bersekolah di Madrasah, Pondok Pesantren atau 

Sekolah umum lainnya, merupakan salah satu dari pelaksanaan Program 55 Aksi Bupati yang telah kami canangkan dimana pada Program Aksi kesatu yaitu


Selanjutnya, Pemberantasan Buta Aksara Al-Qur’an, dimana kita ingin seluruh anak di Kabupaten Tanggamus yang beragama islam itu dapat lancar membaca Al-Qur’an. Terlebih di ajang lomba Da’i seperti ini, selain sudah 

lancar dan hafal Alqur’an juga dapat mengamalkannya, ditambah lagi sudah dapat untuk di dakwah-kan kepada khalayak ramai seperti yang dilakukan pada hari ini.


Meskipun kegiatan ini merupakan sebuah Perlombaan, namun saya berharap kegiatan ini dapat 

lebih dimaknai sebagai ajang untuk meningkatkan kualitas hubungan sosial dan silaturahmi diantara kita, untuk saling menimba ilmu satu dengan yang lainnya. Dengan cara pandang seperti itu, diakhir lomba baik yang kalah maupun yang menang dapat tetap saling tersenyum dan dapat duduk bersama sebagai Keluarga, Ujarnya". 


Sementara Kabag Kesra Arpin, S.Pd. melaporkan Tujuan lomba Da'i cilik ini adalah untuk mengembangkan dan menggali potensi santri atau pelajar kabupaten Tanggamus dalam bidang dakwah, menumbuhkan kreativitas santri atau pelajar dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya, mendorong lahirnya Da'i Daiyah Kabupaten Tanggamus untuk meneruskan perjuangan dakwah dimasa yang akan datang, serta untuk memupuk ukhuwah islamiyah serta meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan yang maha esa.


Peserta anak-anak usia 7-15 tahun perwakilan 1 orang per Kecamatan se Tanggamus. Adapun hadiah untuk juara satu 1 juta 5 ratus piala dan piagam, juara dua 1 juta piala dan piagam, dan juara tiga 750 ribu piala dan piagam.(*).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages