Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah Kemenag Lampung Adakan Halal Bihalal 1442 H - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Senin, 17 Mei 2021

Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah Kemenag Lampung Adakan Halal Bihalal 1442 H


Bandar Lampung, Harian koridor.com-Untuk meningkatkan rasa Ukhuwah Islamiyah, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung mengadakan Halal Bihalal Tahun 1442 H/2021 M dengan Jajarannya secara virtual melalui aplikasi zoom meeting yang mengusung tema “Lebaran Sehat Pulihkan Ekonomi”, Senin (17/5) di Aula Pepadun.

Kegiatan halal bihalal ini yang dimulai pada Pukul 09.00 WIB dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung, Drs. H. Juanda Naim, M.H, didampingi Kepala Bagian Tata Usaha, Drs. H. Marwansyah, dan diikuti oleh Kepala Bidang, Pembimbing Masyarakat (Pembimas), Kepala Seksi (Kasi), Kepala Subbagian,  Subbkoordinator di Lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota, Kepala Subbagian Tata Usaha, Kasi, Kepala Penyelenggara Syariah, Kepala Penyelenggara Hindu dan Katolik pada Kantor Kemenag Kabupaten/Kota, MKKM MAN, MTsN, MIN, Pengurus APRI Kabupaten/Kota, Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh), Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Se-Provinsi Lampung, Pengurus APRI Provinsi Lampung, Pengurus Darma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, dan Pengurus DWP Kantor Kemenag Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung.


Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Drs. H. Juanda Naim, M.H, mengawali sambutannya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 H/2021 M, Mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh jajaran Aparatur Sipil negara (ASN) di Lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Lampung.


“Saya atas nama pribadi maupun Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 H/2021 M, Taqabballahu mina wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, Kullu ‘aamin wa antum bikhoirin. Allahummaj’alna minal ‘aidin wal faidzin. Mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh jajaran Aparatur Sipil negara (ASN) di Lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Lampung dan terima kasih juga kepada seluruh ASN yang sudah hadir secata daring melalui acara ini dapat menambah keberkahan usia, membuat pintu-pintu rezeki terbuka dan menghadirkan Cinta Allah Swt. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamin ”, ujarnya.


Juanda, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa Tahun 2021, Hari Raya Idul Fitri bersamaan dengan peringatan Kenaikan Isa Al Masih. Ini merupakan sebuah peringatan keagamaan yang istimewa dan langka terjadi dimana dalam satu hari terdapat dua perayaan hari besar bagi dua agama yang berbeda. Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya peristiwa langka ini bisa menjadi momentum untuk mempererat toleransi antar umat beragama di Indonesia, khususnya Provinsi Lampung.


“Umat Islam selama satu bulan penuh menunaikan ibadah puasa di Bulan Ramadan dan juga beberapa hari kemarin juga merayakan Hari Raya Idul Fitri. Dengan  berbekal spiritualitas ramadan, mari kita jadikan momentum Idul Fitri untuk menguatkan tekad saling melebur dosa di antara kita dengan saling memaafkan, menguatkan niat untuk menebar kasih sayang dengan saling bersilaturahmu meski fisik kita tidak dapat bertemu karena terhalang jarak dan demi mendukung upaya pemerintah dalam memerangi Covid-19 untuk tidak berkerumunan. Oleh sebab itu, dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi komunikasi kita tetap bisa bersilaturahmu bertatap muka meski secara virtual. Karena bagaimanapun, kebersamaan dan silaturahmu unulah yang akan melahirkan energi, motivasi, dan meningkatkan sinergitas diantara kita,” tambahnya.


Selanjutnya, halal bihalal di Lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Lampung diisi dengan adanya tausyiah yang disampaikan oleh Kasi Pondok Pesantren Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara, M. Tohir. Dalam tausyiahnya, Tohir menyampaikan bahwa silaturahmi itu terkait dengan 5T, orang yang silaturahmi itu Ta’aruf, dengan silaturahmi kita mengenal satu dengan yang lain.  T yang kedua tafahum, saling memahami. Yang ketiga, Tasawuf yang artinya toleransi, dalam moderasi beragama. Keempat, Taawun adalah tolong menolong, jangan saling colong-menyolong. Yang terbaik dalam agama Islam, tolong menolonglah kamu dalam kebaikan. Dan  terakhir adalah takaful merupakan jaminan. Jaminan yang bersilaturahim ini terdapat manfaatnya seperti dipanjangkan umur kita, ditambahkan dan diberkahi rezeki kita, serta dijauhkan dari marabahaya.


“Mari jadikan halal bihalal ini dengan tiga hal yaitu Jaga Mulut (Jamu), Jaga Hati (Jati), Kendalikan Diri (Kendi). Semoga dengan tiga hal ini, Kanwil Kemenag Provinsi Lampung bisa lebih baik lagi dan puasa kita diterima oleh Allah Swt.,” ajaknya.


Kegiatan halal bihalal ditutup dengan Pembacaan Do’a yang diimami oleh H. Waldy Mahbuba, M.Sy. Dalam do’a tersebut, memohon kepada Allah Swt. untuk menjadikan ramadan sebagai syahruttarbiyah dan sebagai bulan training center untuk membentuk kepribadian kami menjadi insan-insan yang bertaqwa Laallakum tattaqun dan insan-insan kamil yang paripurna dengan memiliki karakter Assolihu wa Muslih Kesolehan personal dan kesolehan sosial serta senantiasa menghiasai kehidupan sebagaimana syawwalmu yang bermakna tinggi meningkat maka jadikan sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kami, khususnya ditengah masa pandemi ini yang serba keterbatasan sehingga kami terus fastabiqul khirot dalam segala amaliyah dalam aktivitas membangun bangsa dan negara serta ibadah kepadaMu, dan juga meminta agar Pandemi Covid-19 segera berakhir dan kehidupan kembali normal seperti sedia kala.(wagiman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages