Bupati Dewi Hadiri International Coffe Day 2021 - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Minggu, 03 Oktober 2021

Bupati Dewi Hadiri International Coffe Day 2021


Bandar Lampung, Harian Koridor.com-Bupati Hj. Dewi Handajani, menghadiri Peringatan Hari Kopi International atau International Coffee Day (ICD), di Lapangan Gatam Saburai, Bandar Lampung, Sabtu (2/10/2021).


Kegiatan tersebut dibuka oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi serta dihadiri jajaran Forkopimda Lampung, Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, segenap jajaran Pemerintah Provinsi Lampung, Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung, Gapoktan Kopi, dan masyarakat Lampung.


Pada kesempatan itu, dilakukan juga selebrasi minum kopi bersama sebagai puncak perayaan Peringatan ICD Tahun 2021.


Tidak hanya di Bandar Lampung, kegiatan minum kopi bersama ini juga diikuti oleh masyarakat Lampung di seluruh Kabupaten/Kota, di 13 titik yang telah menyiapkan 10.000 cup kopi secara gratis untuk masyarakat.


Gubernur Arinal dalam sambutannya mengatakan Indonesia adalah Negara penghasil biji kopi terbesar keempat di dunia, setelah Brazil, Vietnam dan Columbia. Dengan produksi rata-rata sebesar 744 ribu ton per tahun atau sekitar 7% dari produksi kopi dunia, dimana Provinsi Lampung menjadi salah satu provinsi penghasil kopi terbesar di Indonesia.


"Potensi kopi Lampung ini harus kita kelola dengan baik melalui berbagai program strategis, sehingga mampu menampung banyak tenaga kerja dan dapat menghidupi ribuan orang, sehingga dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung. Dengan kata lain harus ada hilirisasi industri," ujar Gubernur.


Menurut Gubernur, saat ini kopi dari Lampung Barat dan Tanggamus, memiliki potensi yang sangat besar. 


"Kita akan bantu pemasarannya, jangan sampai petani jual kopinya 20 ribu, oleh pengusaha dijual kembali menjadi 90 ribu," ungkap Gubernur.


Lanjut Gubernur, kopi sebagai industri memiliki efek multiplier yang luas, selain memberikan kesejahteraan kepada para petani kopi, efeknya dapat menyebar ke berbagai sektor, seperti pengusaha kedai kopi, makanan, dan lain sebagainya.


Terpisah, Bupati Hj. Dewi Handajani menyampaikan bahwa di Kabupaten Tanggamus telah dilakukan upaya pengembangan kopi, termasuk dalam bentuk pengembangan integrasi komoditi, seperti kopi atau lada dengan ternak sapi dan ternak kambing, sehingga diharapkan dengan dapat meningkatkan pendapatan petani.


Beliau juga mengapresiasi Gubernur Lampung, atas dukungan dan program Pemprov Lampung untuk kemajuan budidaya dan pemasaran kopi di Lampung.


"Pada peringatan hari kopi sedunia ini, mudah-mudahan bisa meningkatkanj perkopian di Lampung, dan kopi di Lampung semakin maju, jaya dan semakin mendunia," harapnya.(*) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages