Kantor KSOP Panjang Raih Predikat Pertama Capai Target PNBP 2021 Kategori 50-100 M - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Jumat, 07 Januari 2022

Kantor KSOP Panjang Raih Predikat Pertama Capai Target PNBP 2021 Kategori 50-100 M


Bandar Lampung,Harian Koridor.com-Mengawali Tahun Anggaran 2022, Pada Selasa (4/1/2022) lalu,  Kantor KSOP Kelas I Panjang mendapatkan predikat Juara Pertama Pengelolaan dan Penatausahaan PNBP Terbaik kategori Penerimaan PNBP >50 - 100 M di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. 

Penganugerahan ini diperoleh dalam acara Evaluasi dan Pemutakhiran Data PNBP Semester II TA.2021 yang dibuka secara langsung oleh Plt. Dirjen Perhubungan Laut, Arif Toha. 


Kategori penilaian dalam penganugerahan ini yaitu: 

1. Realisasi Penerimaan PNBP

2. Kenaikan Penerimaan PNBP dari Tahun Sebelumnya

3. Pelaporan PNBP tepat waktu

4. Realisasi Penggunaan Anggaran PNBP yang maksimal

5. Kepengurusan Piutang PNBP

6. Penatausahaan BMN yang baik

7. Koordinasi dengan UPT di wilayahnya.


" Semoga dengan penganugerahan ini akan semakin memacu dalam penatausahaan PNBP agar lebih baik lagi ke depannya dan tentunya sebagai salah satu peran dalam mendukung perolehan opini WTP atas Laporan Keuangan Kementerian Perhubungan 2021 dari BPK-RI, " ujar Kepala KSOP Kelas l Panjang Hendri Ginting, Kamis, ( 6/01/2022) diruang kerjanya. 


Hendri Ginting menambahkan, " Kami juga tidak menyangka bahwa dimasa pandemi ini target di pemerintah pusat 55 M bisa kami capai menjadi 54 M jadi ini semua berkat aktivitas pelabuhan, seperti  kunjungan kapal, kegiatan kapal domestik dan kapal luar negeri, serta di dukung oleh UPT Perhubungan Laut se- Provinsi Lampung".


Dengan adanya aktivitas di pelabuhan maka setiap bulan kita melakukan pencocokan perhitungan PNBP, lalu kemudian per dua bulan kita lakukan coklit secara keseluruhan sehingga kita mendekati target. 


Dan menurut kami di tahun sebelumnya hanya 47 Milliar ternyata menjadi 55 Milliar jadi kami sangat senang dan sangat mengapresiasi. Sementara TUKS kita juga aktivitasnya sangat tinggi sehingga kegiatan tersebut  bisa tercapai, dengan kinerja mereka maka tercapailah prestasi kita di Nasional. Oleh karena itu kami  se-Pelabuhan Panjang sangat mengapresiasi, papar Hendri lagi. 


Adapun target kementerian untuk perhubungan laut yaitu 3,8 Trilliun dan tercapai 4,1 Trilliun ini sangat luar biasa, semoga ini menjadi semangat kami. Selain itu Provinsi Lampung juga sudah terlihat hampir 10 besar vaksinasinya, ini berarti kegiatan ekonomi jauh lebih hebat dibanding 2021. Sehingga kegiatan ekonomi semua bisa berjalan dan masyarakat bisa bekerja seperti biasa.


Kantor KSOP Kelas I Panjang mendapatkan predikat Juara Pertama Pengelolaan dan Penatausahaan PNBP Terbaik kategori Penerimaan PNBP >50 - 100 M di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. 

Dikarenakan atas dasar  kegiatan aktivitas pelabuhan yaitu kunjungan kapal, kegiatan bongkar muat, yang ada di pelabuhan kita, baik yang di kelola PT Pelindo, PT Bukit Asam, PT SIP,  kemudian TBL, semua ini efeknya terjadi pertukaran barang atau ada ekspor ada impor, jelasnya. 


Kemudian ada kegiatan domestik sehingga kewajiban kewajiban ini dan bisa tercapai dan tadi PNBP itu kita pungut berdasarkan peraturan pemerintah sesuai PP dan itulah ada kenaikan. jadi ini berkat prestasi kawan kawan kita di Insan Maritim Pelabuhan Panjang. 


Dan kami optimis di tahun 2022 ini akan lebih bergairah lagi akan lebih maju lagi serta mohon support dan dukungannya agar ini semakin baik. Saya sebagai Kepala KSOP Kelas l Panjang dan jajaran tetap semangat, tetap maju, tetap mendukung, keselamatan keamanan pelayaran. Selain itu juga perlindungan lingkungan maritim baik kapal yang akan menuju pelabuhan-pelabuhan internasional maupun seluruh Indonesia kita pastikan semua terjaga hingga mereka sampai tujuan dengan baik karena kapalnya semua layak laut. Kemudian mereka juga harus fair terhadap perlindungan  lingkungan maritim karena kita sebagai anggota maka semua harus wajib dan taat, sehingga laut Indonesia tetap bersih dan ridak tercemar, pungkas Hendri Ginting. ((*) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages