Pantau Dari Udara, Wakapolri : Jalur Arus Balik Dari Lampung Masih Normal - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Jumat, 06 Mei 2022

Pantau Dari Udara, Wakapolri : Jalur Arus Balik Dari Lampung Masih Normal


Lamsel,Harian Koridor.com-Wakapolri Komjen Pol Gatot Edi Pramono dan Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo  monitoring dan tinjau langsung  arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.


Dalam peninjauan tersebut, Komjen Gatot menyampaikan bahwa Polda Lampung dan stakeholder terkait sudah menyiapkan langkah-langkah antisipasi arus balik lebaran 2022.


"Kalau kita lihat arus balik sehari yang lalu, dibandingkan arus balik tanggal tiga, itu memang ada kenaikan lebih kurang delapan ribu kendaraan, pada saat tanggal empat lebih kurang lima belas ribu kendaraan yang sudah balik," kata Gatot, Kamis (05/05/2022) siang.


"Jadi ada peningkatan arus balik, tapi alhamdulillah dari pantauan udara kita tadi, baik yang berada di tol dari Merak ke Jakarta, kemudian juga tol yang ada di Lampung ini, dengan jalan lintas tengah dan lintas timur masih dalan keadaan normal,"  lanjutnya.


Gatot juga meminta pemudik dari Sumatera ke Jawa pada arus balik Lebaran 2022 dapat selalu memantau perkembangan informasi.


Gatot mengatakan, para pemudik harus dapat memantau perkembangan informasi-informasi arus balik supaya dapat mengetahui tempat dan cara pembelian tiket kapal Ferry.


"Kepada masyarakat yang akan melaksanakan balik dari Sumatera ke Jawa, tolong dibuka betul media sosial dimana tempat penjualan itu," katanya.


Dengan memantau perkembangan informasi, kata Gatot, masyarakat juga dapat mengetahui arus lalu lintas sehingga dapat menghindari jika terjadi kemacetan.


"Bahkan kalau perlu melihat peta-peta digital dimana daerah-daerah yang macet sebagainya. Itu bisa dihindari, bisa mengetahui perkembangan situasi di Bakauheni ini," jelas Gatot.


Gatot pun meminta supaya para pemudik dapat langsung membeli tiket kapal Ferry secara online di Aplikasi yang telah disediakan oleh PT. ASDP sebelum tiba di pelabuhan Bakauheni.


"Yang lebih utama membeli itu sebaiknya melalui online sehingga tidak menimbulkan kemacetan. Sudah disiapkan semua aplikasinya dari ASDP yang untuk membeli tiket secara online, tinggal buka di handphone dan ini akan mengurangi kemacetan nantinya," tuturnya.


Dia juga berharap supaya para pemudik dapat mematuhi aturan yang telah diatur oleh petugas di lapangan. "Tentunya saya berharap kerjasama antara seluruh stakeholder terkait bersama para pemudik yang akan kembali ke Jawa ini betul-betul bisa mematuhi aturan-aturan yang ada," harap Gatot.


"Disamping itu juga, di Lampung ini selain menyiapkan tujuh dermaga di Bakauheni, apabila situasi itu sudah merah, akan disiapkan dermaga BBJ, bahkan mulai sekarang juga sudah disiapkan dermaga Panjang," tandasnya. (gnd/penmas).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages