Ketua Tim GLD Partinia Serahkan Bantuan Buku Kepada Peserta Lamban Baca se Kabupaten Lambar - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Selasa, 14 Juni 2022

Ketua Tim GLD Partinia Serahkan Bantuan Buku Kepada Peserta Lamban Baca se Kabupaten Lambar


Lambar,Harian Koridor.com-Festival Literasi Kabupaten Lampung Barat Tahun 2022, Dalam acara dilakukan penyerahan bantuan berupa Buku oleh Ketua Tim GLD Kabupaten Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus kepada seluruh peserta Lamban Baca se-Kabupaten Lampung Barat.bertempat di Taman Kota Liwa Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat. Selasa (14/06/ 2022).

 

Acara tersebut dimeriahkan dengan adanya perlombaan Duta Literasi, Lomba Cipta Lagu Pendek Literasi, Lomba Foto Giat Literasi, Lomba Menggambar, Lomba Majalah Dinding dan Mewarnai. 


Dihadiri Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung Desi Ari Pressanti, S.S.M.Hum, Ketua Tim Gerakan Literasi Daerah (GLD) Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Lampung Barat Gurti Komarawati Mad Hasnurin, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Barat Drs. Adi Utama, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Barat, Camat se-Kabupaten Lampung Barat, Pengelola Lamban Baca dan Penggiat Literasi se-Kabupaten Lampung Barat, Tokoh agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Masyarakat setempat. 


Perlombaan tersebut diikuti oleh seluruh peserta dari tingkat Taman Kanak-kanak (TK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kabupaten Lampung Barat. 



Dalam Sambutannya Ketua GLD Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus menjelaskan festival literasi tersebut merupakan salah satu media kampanye gerakan literasi di Kabupaten Lampung Barat. 


Kegiatan ini digelar untuk pertama kalinya oleh Tim GLD dan direncanakan akan digelar setiap tahun. Festival ini kita laksanakan dalam rangka peringatan pencanangan Lampung Barat sebagai Kabupaten literasi, peringatan hari pendidikan nasional, dan peringatan hari lahir pancasila.


Partinia Parosil mengatakan sebelumnya pada bulan April tahun 2022 lalu tim GLD Kabupaten Lampung Barat telah melaksanakan berbagai macam rangkaian perlombaan 


Diantaranya lomba cipta lagu pendek literasi atau jingle literasi yang di ikuti oleh 10 finalis, lomba foto giat literasi lamban baca yang diikuti oleh 264 peserta, lomba majalah dinding tingkat SMP yang diikuti oleh 19 sekolah menengah pertama (SMP) se-Kabupaten Lampung Barat, lomba menggambar anak-anak pengunjung lamban baca usia SD yang di ikuti 47 peserta se- Kabupaten Lampung Barat.


Lomba mewarnai tingkat TK se Kecamatan Balik Bukit yang diikuti oleh 100 peserta dari wilayah setempat, pemilihan duta literasi yang diikuti oleh sebanyak 33 peserta  dan terpilih sebanyak 10 peserta yang menjadi Duta Literasi.


Kemudian terakhir apresiasi Literasi yang merupakan penghargaan tertinggi kepada pihak yang telah berkontribusi terhadap kemajuan gerakan literasi di Kabupaten Lampung Barat.


Partinia berharap literasi yang merupakan gerakan bersama ini yang telah di canangkan pada tahun 2018 lalu berhasil sehingga literasi untuk kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.


pada tahun 2021 lalu telah meraih beberapa penghargaan tertinggi, nugra jasa dharma pustaloka yang diterima oleh Bupati Lampung Barat dengan kategori pejabat publik, dan bunda Yusmalasi sebagai kategori masyarakat.


Serta juara satu tingkat nasional perpustakaan desa yang diterima oleh perpustakaan Pekon Puramekar Kecamatan Gedung Surian, dan sebelumnya pada tahun 2019 perpustakaan Pekon Padang Tambak meraih terbaik ke-4 tingkat nasional jadi kita sudah sepatutnya berbangga.


Sementara Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan, sebetulnya kegiatan ini sudah sering dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Barat. yang selaras dengan komitmen pemerintah Kabupaten Lampung Barat yakni Kabupaten Literasi. 


Komitmen ini tujuannya yakni menumbuh kembangkan minat baca kepada anak sehingga menumbuh kembangkan generasi muda yang cerdas.selain itu, dalam memberikan edukasi kepada anak-anak ini, perlu adanya pembimbing dan juga pendamping. 


oleh karena itu, saya meminta kepada tim GLD Kabupaten Lampung Barat termasuk Dinas Perpustakaan dan Dinas Pendidikan untuk berkolaborasi dalam memberikan edukasi dalam rangka menumbuh kembangkan minat baca terhadap anak ditengah kemajuan teknologi.


Jadi kita sebagai orang tua harus mengikuti kemajuan teknologi dan harus memberikan edukasi terhadap anak meskipun mereka lebih pintar dan canggih. Namun bicara pengawasan utamanya dari orang tua terlebih dahulu.


Atas nama pribadi dan pemerintah daerah, Parosil menyampaikan apresiasi atas digelarnya Festival Literasi. Harapannya kegiatan tersebut bisa dicontoh dan dilaksanakan hingga tingkat kecamatan bahkan pekon atau desa sekalipun.


Pak Bupati yakin literasi mampu menghadirkan generasi cerdas dan gemilang. Oleh karena itu, pencanangan kabupaten literasi harus konsisten dan komitmen, karena ini bukan hal yang mudah. Jadi diperlukan kerjasama semua pihak.(lia) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages