Sosialisasi 5 Pilar STBM Pekon Tribudi Makmur - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Kamis, 09 Juni 2022

Sosialisasi 5 Pilar STBM Pekon Tribudi Makmur


Lambar,Harian Koridor.com-Telah dilaksanakan sosialisasi 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Barat. di pekon Tribudi Makmur Kecamatan Kebun Tebu Kabupaten Lampung Barat.Rabu (08/06/2022).


Sosialisasi 5 pilar tersebut antara lain stop BAB sembarangan (BABS), cuci tangan pakai sabun CTPS), pengelolaan air minum-makanan rumah tangga (PAMM RT),  pengelolaan sampah rumah tangga (PSRT), pengelolaan limbah cair rumah tangga (PLC RT). 


Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan sarana prasarana dan sistem sanitasi secara menyeluruh yang dilakukan masyarakat dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Pelaksanaan sosialisasi dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Barat.


Dalam sosialisasi disampaikan masyarakat dianjurkan untuk tidak buang air besar sembarangan, mencuci tangan memakai sabun dengan air mengalir, pengelolaan makanan dan minuman dengan baik sehat, bersih dan aman.


Suatu proses pengolahan, penyimpanan dan pemanfaatan air minum dan air yang digunakan untuk produksi makanan dan keperluan oral lainnya, serta pengelolaan makanan yang aman di rumah tangga yang meliputi 5 (lima) kunci keamanan pangan yakni: menjaga kebersihan, memisahkan pangan matang dan pangan mentah, memasak dengan benar, menjaga pangan pada suhu aman, dan menggunakan air dan bahan baku yang aman. 


Proses pengelolaan sampah dengan aman pada tingkat rumah tangga dengan mengedepankan prinsip mengurangi, memakai ulang dan mendaur ulang. Pengelolaan sampah yang aman adalah pengumpulan, pengangkutan, pemrosesan, pendaurulangan atau pembuangan dari material sampah dengan cara yang tidak membahayakan kesehatan masyarakat dan lingkungan.



Tahapan kegiatan STBM antara lain sosialisasi , pemicuan, verifikasi dan deklarasi. Sosialisasi dilakukan bersama Ibu TP PKK Pekon Tribudi Makmur Kecamatan kebun Tebu  tokoh masyarakat, ketua RW, Ketua RT kader dan karang taruna pedukuhan dan diharapkan mereka bisa menyampaikan kepada warga masyarakat yang lain.(lia) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages