MUI Tanggamus Laksanakan Seminar Sehari Penguatan Moderasi Beragama Dalam Upaya Mencegah Radikalisme - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Rabu, 14 September 2022

MUI Tanggamus Laksanakan Seminar Sehari Penguatan Moderasi Beragama Dalam Upaya Mencegah Radikalisme


Tanggamus, Harian Koridor.com-Mejelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tanggamus Melaksanakan acara Seminar Sehari Penguatan Moderasi Beragama dalam Upaya Mencegah Radikalisme dan Intoleransi Antar Umat Beragama dalam Mewujudkan Tanggamus yang Kondusif.


Kegiatan tersebut di buka Langsung oleh Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, di Aula Hotel 21 Kecamatan Gisting, Rabu (14/9/2022)


Ketua MUI Tanggamus KH. A.Wahid Jamas, menyampaikan Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengarahan kepada masyarakat tentang moderasi beragama dalam upaya mencegah Radikalisme. Ini juga sebuah konsep gagasan besar baik dari tingkat pusat maupun daerah dan ini merupakan 7 program indikator umat beragama.


Bagaimana mempersatukan umat dari kejadian yang tidak kita inginkan. Kemudian membangun ekonomi kerakyatan dari peran kaum ibu, Membentuk kader kader penerus perjuangan serta memberdayakan kaum perempuan dari MUI,  serta untuk mempersatukan umat di Tanggamus walaupun berbeda agama tetap satu dalam mewujudkan Tanggamus yang kondusif.


Sementara Bupati Hj. Dewi Handajani, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang sangat luar biasa atas kegiatan seminar sehari ini. Moderasi beragama tujuannya sangat mulia untuk menjaga kerukunan perdamaian kondusifitas di Tanggamus.  Kita berkomitmen untuk menjaga keutuhan Pancasila bernegara saling menghargai perbedaan agama lain.


Kabupaten Tanggamus dapat dikatakan cukup kompleks dari agama suku etnis budaya bahasa yang kalau kita tidak memiliki komitmen akan terpecah belah, bagaimana cara kita siap menjadi agen moderasi beragama dengan tujuan dapat menguatkan komitmen kita dan bagaimana menjaga silaturahmi dan toleransi beragama.


Kemudian juga lanjut Bupati,  dengan kearipan lokal kita bisa menerima suku perbedaan suku budaya adat istiadat agar tetap kita jaga dengan utuh untuk kemajuan bangsa dan negara.


Dengan seminar antar umat bergama dapat kita wujudkan dan memberikan edukasi serta sosialisasi beragama di Tanggamus, mari kita siap menjadi agen moderasi beragama di Tanggamus, Ungkapnya.


Selanjutnya , menjadikan Tanggamus unggul dan sejahtera. Kabupaten Tanggamus juga dapat dikatakan kabupaten yang aman, dalam seminar ini yang lebih penting adalah tindak lanjut bagaimana kita bisa menciptakan suasana yang aman dan kondusif, moderasi ini juga untuk membentuk kita saling menghargai dan menghormati antar sesama agar tetap menjaga NKRI bangsa dan negara demi generasi penerus untuk kemajuan di Tanggamus, Ujarnya". 


Diserahkan juga piagam penghargaan Keynote Speaker dari MUI kepada Bupati Tanggamus tentang Seminar Sehari Penguatan Moderasi Beragama dalam Upaya Mencegah Radikalisme dan Intoleransi Antar Umat Beragama dalam Mewujudkan Tanggamus yang Kondusif.


Turut hadir juga Wakil Bupati AM. Syafi'i, Porkopimda, Asissten Bidang Pemerintahan Fathurrahman, OPD Terkait,  Ketua Umum MUI KH.A.Wahid Jamas, KetuaPl Panitia Darmawan, M.Ag., dari Kemenag Tanggamus, Camat Gisting, Jajaran Pengurus MUI Tanggamus,kEtua MUI se Kecamatan Tanggamus, Ketua OKP se Tanggamus, Ormas Islam, PCNU , dan Muhammadiyah Tanggamus. (*) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages