KI Lampung Rekomendasikan Dua Desa Ikut Evaluasi dan Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik Desa 2022 - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Minggu, 30 Oktober 2022

KI Lampung Rekomendasikan Dua Desa Ikut Evaluasi dan Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik Desa 2022


Jakarta,Harian Koridor.com-Komisi Informasi Lampung merekomendasikan 2 desa untuk ikut dalam kegiatan  Evaluasi dan Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik Desa Tahun 2022 yang akan diselenggarakan pada 8 Desember 2022, di Jakarta. 


Adapun desa itu, desa Pulung Kencana kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat dan desa Tulusrejo kecamatan Pekalongan kabupaten Lampung Timur.  Kedua desa tersebut diusulkan berdasarkan rapat koordinasi dengan dinas PMD Provinsi Lampung, bahwa kedua desa tersebut memenuhi kreteria sebagai desa keterbukaan informasi publik tahun 2022. 


Menurut Samsurrizal, ketua KI Provinsi Lampung, program Evaluasi dan  Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Desa rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Komisi Informasi RI sebagai upaya melakukan evaluasi dan memberikan penghargaan (Apresiasi) terhadap desa yang telah melaksanakan UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. 


Erizal, anggota Tim Evaluasi dan Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik Desa tahun 2022 Komisi Informasi RI menambahkan, dalam upaya memastikan ke-dua desa itu, KI Lampung melakukan kunjungan (visitasi) untuk melihat langsung kondisi keterbukaan informasi publik di desa sekaligus sosialisasi cara pengisian Self Assesment Questionnaire (SAQ). Pengisian SAQ dengan tujuan untuk menilai pelaksanaan Badan Publik dalam menjalankan kewajiban mengumumkan Informasi Publik, menyediakan Informasi Publik, melayani permohonan Informasi Publik dan melakukan pengelolaan informasi dan dokumentasi sesuai dengan UU KIP.


Ada beberapa hal yang akan menjadi penilaian terkait dengan SAQ yaitu tentang komitmen, sumberdaya manusia, dokumen, partisipasi dan akses.


Setelah pengisian SAQ melalui link terakhir diterima tim pusat 1 november 2022. Kemudian 2-9 November 2022 Desk Review, 14 - 25 Nov 2022 Pendalaman lapangan (visitasi) 10 Desa terbaik, 8 Des 2022 Anugerah Evaluasi dan apresiasi Keterbukaan Publik Desa 2022.  


Semoga provinsi lampung masuk menjadi desa terbaik dalam kepatuhan dan ketaatan menjalankan UU 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.(*) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages