Pekon Sedampah Indah Kecamatan Balik Bukit Gelar Musrenbang Tingkat Pekon Tahun Anggaran 2023 - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Senin, 31 Oktober 2022

Pekon Sedampah Indah Kecamatan Balik Bukit Gelar Musrenbang Tingkat Pekon Tahun Anggaran 2023


Lambar,Harian Koridor.com-Pemerintah Pekon Sedampah Indah Kecamatan Balik Bukit mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pekon/Desa (MUSRENBANG - Pekon) Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa) Tahun Anggaran 2023 dan Daftar Usulan Rencana Kerja Pembangunan (DU - RKP) Tahun Anggaran 2024, Badan Permusyawaran Desa (BPD) Lampung Barat menggelar Musyawarah Desa (MUSDES) Pembahasan dan Penetapan RKP Desa Tahun Aggaran 2023 dan DU RKP. 


Musyawarah Desa yang diadakan di balai Pekon Sedampah Indah di hadiri Oleh Peratin Pekon Sedampah Yundriansyah Putra dan Aparatur Pekon, Camat M. Yones S.STP, MH., beserta staf dan seluruh Kasi Pemerintahan Kecamatan, kepala Puskesmas, yang diwakili oleh Perawat dan Staff, Babinsa, Babinkamtibmas, ketua LHP Pekon Sedampah, Ketua LPM, seluruh instansi kepala sekolah SD, SMP, ketua Kelompok Tani, Karang Taruna, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Tokoh masyarakat, Ketua TP- PKK, Kader Posyandu dan para undangan. 

Senin (31/10 /2022) 


Adapun kegiatan secara garis besar meliputi paparan dari Tim Penyusun yang sudah dilakukan koreksi/perubahan saat Musrenbangdes lalu. BPD yang di fasilitasi oleh Pemerintah pekon menyelenggarakan Musyawarah Desa dengan agenda antara lain : Pembacaan/Pelaporan Hasil Rancangan RKP Desa dilanjutkan Pembahasan dan Penetapan RKP Desa dan dituangkan dalam matrik rencana Program dan Kegiatan Tahunan.


Bidang pemerintahan yaitu untuk pemenuhan kebutuhan dasar/rutin seperti Penyelenggaraan Belanja Siltap Kades, Perangkat Desa, Operasional Pemdes, Tunjangan BPD, Penyediaan Insentif RT dan RW, serta kegiatan rapat-rapat dan penyusunan Laporan-laporan.


Bidang Pembangunan pekon Sedampah meliputi Pendidikan, kesehatan, padat karya tunai, infrastruktur dan peningkatan ekonomi masyarakat. Bidang Pembinaan Kemasyarakatan secara garis besar meliputi Dukungan Pelaksanaan Upacara Keagamaan, Kegiatan Lomba-Lomba, Pembinaan PKK dan lembaga lainnya.


Bidang Pemberdayaan Masyarakat meliputi Penguatan ketahanan pangan Desa, serta Peningkatan Kapasitas Pekon dan Peratin, Perangkat Desa dan BPD, Linmas pekon Sedampah, Pelatihan dan Penguatan Penyandang Difabel serta Dukungan Penanaman Modal BUMDESMA. Selain itu untuk Penanggulangan Bencana, Darurat dan Mendesak. 


Dalam kesempatan ini Camat Balik Bukit 

M. Yones,S.STP, MH. Menyampaikan "Seluruh kegiatan tertuang dalam matriks RKP Desa Tahun 2023. Sebelum acara ditutup di laksanakan Penandatangan Berita Acara Penetapan RKP Desa yang diwakili oleh Peratin , Ketua BPD serta Perwakilan Peserta Musdes. Yang oleh Peratin diserahkan kepada Ketua BPD untuk dibahas lebih lanjut di Musyawarah BPD dalam Penetapan Peraturan Desa tentang RKP Desa Tahun Anggaran 2023 dan Pemilihan Delegasi Desa yang akan mengawal Daftar Prioritas Kegiatan Pembangunan Desa Tahun 2024 yang di usulkan ke Musrenbangcam Tahun 2023, Ujar nya. 


Beliau juga menyerap inspirasi masyarakat, "Hasil dari musyawarah Rencana Kerja Pemerintah Desa dimana skala prioritas tersebut harus di sesuaikan dengan Pagu anggaran untuk Tahun 2023”,. Beliau juga berharap hasil dari musyawarah perencanaan pembangunan pekon ini menjadi prioritas di tahun 2023 dimana pembangunan sangat di butuhkan oleh  masyrakat yang sipat nya mendesak”.


Camat M. Yones Juga tidak henti - hentinya mengingatkan untuk tim Musrenbang ini agar segera bermusyawarah dengan seluruh masyarakat guna menyerap keinginan dan harapan dari hasil dinas instansi agar segera mencatat apasaja yang akan menjadi keinginan masyarakat dan usulan tersebut segera di tindaklanjuti. "jelasnya.


Dalam kesempatan yang sama Peratin Sedampah Indah Yundri mengatakan"  Murenbang Pekon merupakan kegiatan musyawarah yang dilaksanakan setiap tahun untuk menyerap aspirasi dari semua lapisan masyarakat dan harapan kami semua usulan dari masyarakat agar betul-betul di perhatikan dan di prioritaskan. ” Pungkasnya.(*) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages