DPRD Provinsi Lampung Berikan Pembekalan Pembinaan Ideologi Pancasila - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Selasa, 24 Januari 2023

DPRD Provinsi Lampung Berikan Pembekalan Pembinaan Ideologi Pancasila


Bandarlampung, Harian Koridor.com-Para wakil rakyat di DPRD Provinsi Lampung diberikan pembekalan Pembinaan Ideologi Pancasila oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP),Prof. Dr. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D, Jumat, (20/1/23).

Acara yang dibuka dengan Tarian Japin Kekhatongan ini diselenggarakan untuk meningkatkan pemahaman Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Lampung terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai dasar dalam melaksanakan tugas dan fungsi dari anggota legislatif.

Prof. Yudian berharap, para Wakil Rakyat Lampung agar dapat menghayati dan menjadi motor penggerak pengaktualisasian nilai-nilai Pancasila di tanah Ruwa Jurai.

Saya berharap semuanya menjadi inisiator dan penggerak pengamalan nilai-nilai Pancasila bagi seluruh konstituen di daerah, guna merekatkan dan mempersatukan segenap elemen bangsa," tutur Yudian.

Iya juga menekankan agar nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila dijadikan bintang penuntun dalam melaksanakan tugas sehari-hari.


"Muara dari kinerja, tugas, dan fungsi yang kita emban adalah untuk negara dan bangsa Indonesia, yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur," tegasnya.


Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Lampung, Mingrum Gumay, S.H., M.H. dalam sambutannya mengatakan, DPRD Lampung akan membuat peraturan daerah untuk Pembinaan Ideologi Pancasila kepada masyarakat di Provinsi Lampung pada semua jenjang pendidikan.


"InsyaAllah, di tahun 2023 ini, DPRD Provinsi Lampung akan mengeluarkan Peraturan Daerah tentang Pembinaaan Ideologi Pancasila di Provinsi Lampung," ungkap Mingrum Gumay.


Serentak para anggota dewan yang hadir memberi tepuk tangan atas pernyataan Ketua DPRD Provinsi Lampung.


Para anggota dewan ini antusias, menerima sajian materi dari berbagai narasumber BPIP.


Ketua DPRD Provinsi Lampung menyampaikan bahwa pihaknya akan bekolaborasi lebih lanjut dan meminta arahan BPIP terkait dengan Peraturan Daerah Lampung agar sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan berdampak pada masyarakat Lampung.


Pada Acara Bimtek tersebut juga menghadirkan para narasumber, antara lain Direktur Pengkajian Materi Pembinaan Ideologi Pancasila, Aris Heru Utomo, S.H., M.B.A., M.Si. yang membawakan materi Pancasila: Historis,

Konseptualitas, dan Aktualisasi; Direktur Analisis dan Penyelarasan, kemudian Prof. Dr. H. Agus Moh. Najib, S.Ag., M.Ag. membawakan materi Konseptualitas dan Aktualisasi Pancasila dalam Peraturan Perundangan; Direktur Jaringan dan Pembudayaan, Toto Purbiyanto, S.Kom., MTI., dengan materi Gotong Royong Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.


Sementara itu, Pimpinan DPRD Provinsi Lampung yang turut hadir, antara lain Wakil Ketua I, Elly Wahyuni, S.E., M.M., Wakil Ketua II, Hj. Ririn Kuswantari, S.Sos.(adv) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages