Bupati Dewi Serahkan Bantuan Bedah Rumah di Kecamatan Pugung - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Selasa, 04 April 2023

Bupati Dewi Serahkan Bantuan Bedah Rumah di Kecamatan Pugung


Pugung,Harian Koridor.com-Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, kembali menyerahkan bantuan bedah rumah di kecamatan Pugung Jum'at yang lalu (17/03/2023).

Adapun penerima bantuan bedah rumah tersebut yakni; Bapak mar'ah, warga Pekon sumanda, bapak Rahmad warga Pekon sumanda, bapak parisal warga Pekon tiuh momon, bapak  Anwar warga Pekon tiuh momon, bapak panijo warga Pekon Banjar agung Ilir, bapa Solihin warga Pekon Banjar agung Ilir, bapak Sumanta warga Pekon gunung kasih , bapak suhada warga pekon Tulung Pungkut, bapak Angga putra warga Pekon tanjung heran, bapak erwansyah warga Pekon Banjar agung udik, Kecamatan pugung. 

Bupati menerangkan, bantuan tersebut merupakan realisasi salah satu Program 55 Aksi Desa Asik, yaitu Program Bedah Rumah. 

“Bedah Rumah ini adalah program Pemkab Tanggamus melalui Dinas PUPR, yang pada hari ini ada satu rumah yang diberikan bantuan, yakni di Pekon sumanda 2 rumah, Pekon tiuh momon 2 rumah, Pekon Banjar agung Ilir 2 rumah, Pekon gunung kasih 1 rumah, Pekon Tulung Pungkut 1 rumah, Pekon  tanjung heran 1 rumah dan Pekon Banjar agung udik, kesemuanya berjumlah 10 rumah yang di berikan ke Kecamatan Pugung,” terang Bupati. 


Bupati berharap dengan program bedah rumah ini, dapat membantu masyarakat yang kondisi rumahnya tidak layak huni.


"Semoga dengan Program Bedah Rumah ini, membantu masyarakat yang rumahnya tidak layak huni, menjadi rumah yang layak huni, serta sehat dan nyaman," pungkas Bupati.


Terpisah, Kabid Pemukiman dan Perumahan Rakyat, Dinas PUPR Tanggamus, Ari Yudha, menjelaskan program bedah rumah adalah hasil dari usulan masyarakat yang didasari kondisi rumah yang dihuninya. 


"Total dalam tahun ini ada 282 rumah yang mendapat bantuan bedah rumah. Kami berikan secara bertahap dan ada juga tambahan bantuan bedah rumah dari pusat," terangnya.


Ia menambahkan, teknis realisasi bantuan tersebut adalah Rp 17,5 juta untuk belanja material bangunan dan Rp 2,5 juta untuk biaya pembangunan rumahnya (biaya tukang), dengan dikenai pajak.


Lanjut Yudha, teknis lainnya penerima menunjuk toko bangunan yang dipilihnya untuk belanja bahan bangunan. Selanjutnya Dinas PUPR Tanggamus mentransfer uang ke toko bangunan tersebut dengan batas nominal untuk keperluan bahan bangunan.


"Jadi uangnya nanti langsung ditransfer ke toko bangunan yang menyuplai bahan bangunan bagi sasaran yang dapat program bedah rumah. Pola seperti itu lebih menjamin program terlaksana dan tepat sasaran, sebab uang yang diberikan langsung berbentuk bahan dan akhirnya itu digunakan untuk membuat rumah, tidak untuk keperluan lain,” jelasnya.


Yudha menambahkan, sampai saat ini pihaknya sudah menerima usulan sebanyak 12 ribu rumah tidak layak huni. Namun bantuan akan diberikan secara bertahap dan dengan mempertimbangkan skala prioritas.


Turut mendampingi Bupati, Forkopimda kabupaten tanggamus, para kepala OPD, Kabag Protokol Riens Abdul Kadir, sekretaris PUPR Okta Riza, Kabid Pemukiman Dinas PUPR Ari Yudha, Camat Pugung, serta Uspika dan Kepala Pekon setempat.(adv) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages