Kadis Pariwisata Tanggamus Hadiri Pengukuhan Majelis Penyimbang Adat Lampung - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Rabu, 12 April 2023

Kadis Pariwisata Tanggamus Hadiri Pengukuhan Majelis Penyimbang Adat Lampung


Tanggamus,Harian Koridor.com- Bupati Tanggamus Hj. Dewi handajani SE. MM Menghadiri sekaligus Mengukuhkan Kepengurusan Majelis Penyimbang Adat Lampung (MPAL) Periode 2022-2026 yang di pusatkan di Panggung Taman Wisata Air terjun Way lalaan Pekon Kampung baru Kecamatan Kotim Pada hari Selasa lalu (14/3/ 2023). 

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Kab. Tanggamus Heri Agus Setiawan, S.Sos, Dandim 0424/Tanggamus Letkol Inf Vicky Heru Harsanto, S.I.P.,M.Si, Kapolres Tanggamus AKBP Siswara Hadi Chandra, S.I.K, Kajari Kab. Tanggamus Yunardi, S.H.,M.H, Ketua PN Kab. Tanggamus diwakili Kasub Kepegawaian Komalasari, S.E, Ketua PA Kab Tanggamus Ibrahim Lubis, S.Hi.,M.H, Ketua Umum MPAL Provinsi Lampung Hi. Syabirin Hs. Koenang, SH.,M.H, Ketua MPAL Kabupaten Tanggamus Ferdi Erawan, Para Kepala Perangkat Daerah dan Camat terkait jajaran Kabupaten Tanggamus, Para Pengurus MPAL Kabupaten Tanggamus, Para Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh masyarakat, Tokoh Pemuda, Organisasi kemasyarakatan.

Dalam sambutannya Bupati Tanggamus menyampaikan Ucapan Selamat atas dikukuhkannya Kepengurusan Majelis Penyimbang Adat Lampung (MPAL) Kabupaten Tanggamus Periode 2022-2026. Semoga saudara-saudara mampu menjalankan amanah untuk berbakti demi memajukan Bumi Begawi Jejama Kabupaten Tanggamus yang sama-sama kita cintai ini. Berharap kepada segenap jajaran pengurus MPAL Kabupaten Tanggamus mampu bekerja sesuai program yang telah disusun dengan penuh tanggung jawab, serta sebagai contoh suri tauladan bagi masyarakat terkait adat dan budaya Lampung di Bumi Tanggamus.

Amanah yang diemban sebagai pengurus MPAL Tanggamus, mengandung makna dan konsekuensi bahwa kita hendaknya mampu menjunjung adat dan martabat Budaya Lampung. Untuk itu, pengurus MPAL diminta pro aktif menggali dan menerapkan nilai-nilai yang terdapat pada masyarakat. Sehingga kearifan lokal yang akan dilaksanakan di wilayah Tanggamus sesuai dengan akar budaya di wilayah kita. Karena kita ketahui, di Kabupaten Tanggamus ini terdapat berbagai suku dan agama, untuk itu, keberadaan MPAL juga harus dapat menjadi tali pengikat dan payung pemersatu serta dapat memberikan kontribusi berupa pemikiran dan ide-ide, serta nasehat dalam rangka mendukung proses pembangunan di Kabupaten Tanggamus. Kemudian juga bersama seluruh paguyuban-paguyuban seni budaya Lampung lainnya, MPAL Tanggamus dapat mengayomi, MPAL harus menunjukkan jati diri sebagai lembaga yang mampu menjawab dan menjernihkan seluruh persoalan-persoalan yang terjadi di tengah masyarakat.

Lembaga MPAL dibentuk sebagai upaya untuk pemeliharaan dan pelestarian adat-istiadat budaya Lampung. MPAL juga bertugas untuk mengembangkan adat istiadat serta menyelesaikan permasalahan adat istiadat dalam kehidupan bermasyarakat di daerah Lampung.

Selanjutnya, Kepada Perangkat Daerah terkait seperti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Para Camat, Lurah dan Kakon agar dapat berperan aktif mendukung kelestarian adat dan budaya ditingkat Kecamatan, Pekon dan Kelurahan.Seperti yang kita ketahui, Indonesia dikenal memiliki keragaman aset budaya dan tradisi yang sangat menarik serta bervariasi. Kebudayaan Lampung yang merupakan bagian dari budaya bangsa Indonesia dan sekaligus sebagai aset nasional, keberadaannya perlu dijaga, diberdayakan, dibina, dilestarikan dan dikembangkan sehingga dapat berperan dalam upaya menciptakan masyarakat Lampung yang memiliki jati diri, berakhlak mulia, berperadaban dan mempertinggi pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai luhur budaya bangsa secara maksimal.


Melestarikan budaya bertujuan supaya budaya asli negeri kita tidak tergeser dengan budaya negara lain dan kelak anak cucu bangsa ini tetap dapat menikmati hasil cipta rasa dan karsa pendahulunya. Dan sebagai bagian dari generasi penerus kita harus ikut melestarikan kebudayaan negeri kita tersebut. Paling tidak bagi kita di daerah Lampung, falsafah orang Lampung wajib kita tahu dan sama-sama dijalani dalam kehidupan sehari-hari, seperti: Nemui-Nyimah (saling mengunjungi untuk bersilaturahmi serta ramah menerima tamu), Nengah-Nyampur (aktif dalam pergaulan bermasyarakat dan tidak individualistis) dan Sakai-Sambaian (gotong-royong dan saling membantu dengan anggota masyarakat lainnya).


Yang terakhir, marilah kita terus bekerjasama, bekerja dengan tulus ikhlas, demi kemajuan Kabupaten Tanggamus. Semangat untuk menggelorakan kembali seni, adat dan budaya Lampung Pesisir kita jadikan sandaran sandaran untuk melangkah ke depan, untuk menjemput kebahagiaan dan kegemilangan Bumi Begawi Jejama.


Ketua MPAL Kabupaten Tanggamus Ferdi Erawan dalam sambutannya menyampaikan 

Pekhtama, Sikam Nyampaikon Ucapan Terimakasih Jama Bupati Tanggamus Sai Khadu Bukenen Mengukuh Ko Kepengurusan Majelis Penyimbang Adat Lampung Kabupaten Tanggamus Periode 2022 2026. Ti Sengkukhung Dilom Pengukuhan Sinji Tano Tantu Jadi Tanggung Jawab Si Mubiyak Bagi Sikindua Selaku "Ketua" Ki Mawat Kham Jejama Haga Ngiwakko Ya.


Si Kedua, Khadu Nyaman Tantu MPAL Tanggamus Butuh Bimbingan Jak Kutti Khompok Sunyinni Dilom Ngelaksanako Apipun Kegiatan Sihaga Tiguaiko Nikham. Bimbingan, Tawai, Sekhta Nasihat Bagian Paling Penting Anjak Kuti Sai Tuha-Tuha Kenyin Khencaka Dilom Ngemajuko Kabupaten Tanggamus Dapok Terwujud Ko..


Ketelu, Ngewujud Ko Kabupaten Tanggamus Maju Jadi Tanggung Jawab Nikham Jejama Maka MPAL Tanggamus Bagian Jak Nikham Sunyinni Si Haga Nginjakko Si Khadu Saka Pedom Utama Ni Tata Titi Adat Si Lagi Sesuai Lawan Kemajuan Jaman Dan Sebagai Haga Langkah Awal Ni Majelis Penyimbang Adat Lampung Kak Kanah Yaddo Dia Haga Membentuk Jajaran Kepengurusan Ni Di Tingkat Kecamatan, Kenyin Di Tiap-Tiap Kecamatan Ngedok Kepengurusan MPAL.



Sedangkan Sambutan Ketua Umum MPAL Provinsi Lampung Hi. Syabirin Hs. Koenang, SH.,M.H. Mengharapkan pengurus MPAL Kabupaten Tanggamus benar benar bekerja ikhlas dan ibadah untuk kemajuan adat dan budaya di Lampung khususnya di Kabupaten Tanggamus.


Selanjutnya berpesan kepada kita semua meminta satu kesatuan semua pengurus agar seiring sejalan dalam mengurus adat. Dalam hal ini Lampung memiliki dua adat yakni sai batin dan pepadun harus kita satukan dan bekerja ikhlas.


Memberikan apresiasi bagi seluruh pengurus MPAL Tanggamus yang mau bersama sama memajukan adat budaya Lampung, serta tidak berhenti untuk belajar, berinovasi dan kita harus selalu berbenah diri sehingga dapat mengembangkan budaya adat Lampung.(ADV) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages