Sambut Era New Normal, Pariwisata Lampung Mulai Bergeliat - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Senin, 13 Juli 2020

Sambut Era New Normal, Pariwisata Lampung Mulai Bergeliat


Bandar Lampung, Harian Koridor.com-Pariwisata Lampung memasuki era new normal atau tatanan kehidupan baru mulai bergelit yang ditandai mulai ramainya sejumlah destinasi wisata didatangi pengunjung. Beberapa tempat wisata yang sudah membuka aktivitas juga tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Lampung, Edarwan mengatakan, Pemerintah Provinsi Lampung menyiapkan peraturan gubernur yang mengatur standart operating procedure (SOP) tentang new normal di semua sektor termasuk pariwisata. Secara teknis, pihaknya sudah menyusun SOP protokol kesehatan bersama para pengusaha dan mengikuti SK menteri serta hand book dari kementerian terkait new normal di sektor pariwisata.

“Jadi itu telah menjadi panduan dengan menyiapkan hal-hal yang terkait dengan pelayanan pariwisata. Kalau sudah ada hand book dari kementerian, berarti kita bersiap juga menerima wisatawan mancanegara, bukan hanya lokal,” katanya, Minggu, 12 Juli 2020.

Dia mengatakan saat ini pihaknya sedang memonitor destinasi wisata yang sudah buka. Bagi yang sudah buka, berarti sudah mempersiapkan protokol kesehatan Covid-19 standar.

Sedangkan bagi yang belum, pihaknya mengingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan. Kalau tidak mengedepankan protokol kesehatan, akan ditutup tempat usahanya.

“Pada intinya penerapan SOP kesehatan menjadi perhatian serius pemerintah. Nanti payung hukumnya di peraturan gubernur,” katanya.

Saat ini pihaknya juga terus melakukan persiapan-persiapan untuk new normal di sektor pariwisata. Sosialisasi terus gencar dilakukan sehingga para pelaku usaha, pemilik usaha, pengelola usaha, dan masyarakat paham protokol kesehatan. Pihaknya juga berencana mengundang kepala dinas di kabupaten/kota untuk melaporkan perkembangan destinasi wisata di daerahnya masing-masing. Sebab, dijadwalkan minggu kedua ini ialah pelaksanaan monitoring.

“Saya belum bisa target untuk PAD, kami sekarang ini bisa bergerak saja sudah alhamdulillah. Saya juga optimistis pariwisata di Lampung akan bergeliat. Itu juga tidak lepas dari keberhasilan pak gubernur menekan angka penularan Covid-19 dan mendapatkan berbagai penghargaan menjadikan peluang wisatawan datang ke Lampung,” katanya. (LP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages