Pimpin Apel Perdana, Sekdaprov Lampung Sampaikan Capaian Pembangunan - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Kamis, 12 Januari 2023

Pimpin Apel Perdana, Sekdaprov Lampung Sampaikan Capaian Pembangunan


Bandarlampung,Harian Koridor.com-Pimpin Apel Gabungan perdana tahun 2023 di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto paparkan beberapa capaian pembangunan Pemerintah Provinsi Lampung dihadapan peserta apel, Senin (09/01/2023).

Pada Apel yang digelar di Lapangan Korpri Kantor Gubernur Lampung tersebut, Fahrizal Darminto menyatakan beberapa capaian indikator kinerja Pemerintah Provinsi Lampung selama tahun 2022, antara lain pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung yang terus mengalami peningkatan, pada kuartal I, II dan III tahun 2022 pertumbuhan ekonomi lampung senantiasa bergerak kearah positif, bahkan pernah mencatat angka pertumbuhan sebesar 9,12 persen (q to q) pada Triwulan II-2022; yang merupakan tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia.


Menurut Sekda, juga Gini Rasio Provinsi Lampung Tahun 2022 sebesar 0,314 termasuk dalam kategori "rendah".  Capaian ini juga lebih baik dibandingkan nasional yang sebesar 0,381 poin, hal tersebut menunjukan bahwa tingkat disparitas Provinsi Lampung terus menurun dan pemerataan pembangunan semakin baik.


Hal yang menggembirakan juga bahwa meski perekonomian dunia sedang dalam kondisi yang kurang baik, namun inflasi di Provinsi Lampung masih terkendali. 


Capaian indikator Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Provinsi Lampung Tahun 2022, mencapai 4,52 persen menurun 0,17 persen dibandingkan Tahun 2021 dan lebih baik dari TPT Nasional (5,86 persen). 


Peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) meningkat dari 69,90 menjadi 70,45, angka kemiskinan menurun dari 11,67 persen menjadi 11,57 persen pada tahun 2022, penurunan indikator tingkat pengangguran terbuka dari 6,49 menjadi 5,86, serta neraca perdagangan yang semakin positif dan Realisasi Belanja APBD Pemerintah Provinsi Lampung pada Tahun Anggaran 2022 sebesar 6,752 Trilyun atau 95,01%, jauh berada diatas rata-rata Nasional sebesar 87,07%.


Sekdaprov menambahkan capaian kinerja, apresiasi dan penghargaan yang diraih oleh Provinsi Lampung bukanlah sebuah kebetulan, yang dimaksud dengan struktur program itu adalah bagaimana Gubernur merancang Program ditengah situasi covid-19, yakni menentukan berbagai prioritas ditengah keterbatasan anggaran.


Menurutnya Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, telah membangun struktur program dan struktur koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten/kota, kalangan Akademisi perguruan tinggi, pengusaha dan masyarakat pada umumnya untuk membangun Lampung. 


"Berbagai Prestasi yang dicapai Pemerintah Provinsi Lampung tersebut  bukan merupakan suatu kebetulan tetapi merupakan upaya sunguh-sungguh berdasarkan kebijakan yang telah direncanakan, jadi itu by design," ungkap Fahrizal. (red) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages