Sekda Tanggamus Buka Acara Tim Forkom Germas - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Kamis, 17 Juni 2021

Sekda Tanggamus Buka Acara Tim Forkom Germas


Tanggamus, Harian koridor.com-Sekda Kabupaten Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis Membuka Langsung Acara TIM FORKOM (Forum Komunikasi) GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).


Gisting - Sekda Kabupaten Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis Membuka Langsung Pertemuan Re - Organisasi Acara TIM FORKOM (Forum Komunikasi) GERMAS  (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) di Kabupaten Tanggamus. Kamis (17/06/2021) di Aula Serumpun Padi Gisting.


Hadir mendampingi Sekda kabupaten Tanggamus Sukisno Asisten Perekonomian dan Pembangunan,  Hendra Wijaya mega Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan, Beberapa OPD Kabupaten Tanggamus, Retno Ningsih Perwakilan dari PPK kabupaten Tanggamus, Ari Winarto Wakil dari BPJS Kesehatan, dan Beberapa Camat Kabupaten Tanggamus.


Dalam Pembukaan Sambutan Sekda Kabupaten Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis GERMAS adalah bagian program Indonesia sehat yang merupakan salah satu program dari agenda kelima Nawa Cita pembangunan Indonesia, Iya itu meningkatkan kualitas hidup manusia.


Tujuan utama Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) adalah meningkatkan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit. tujuan tersebut akan dapat tercapai melalui beberapa langkah yang telah diinstruksikan Presiden melalui Inpres nomor 1 tahun 2017 tentang GERMAS.


1. Peningkatan aktivitas fisik masyarakat

2. Peningkatan perilaku hidup sehat

3. Penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan Giji.

4. Peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit

5. Peningkatan kualitas lingkungan

6. Peningkatan edukasi hidup sehat.


Kabupaten Tanggamus terus berupaya menerapkan intruksi presiden tersebut dan mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya GERMAS melalui pola hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Apalagi di masa pandemi ini kebiasaan hidup bersih dan sehat diharapkan mampu meningkatkan imun tubuh masyarakat serta dapat memutus rantai penyebaran virus Corona covid 19.


GERMAS merupakan gerakan bersama, yang tidak hanya menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan, namun menjadi tanggung jawab semua perangkat daerah dan seluruh masyarakat. Peningkatan perilaku hidup sehat dan peningkatan kualitas lingkungan sehat tidak hanya ditujukan untuk masyarakat di lingkungan Perumahan namun juga harus diimplementasikan pada lingkungan kerja dan perkantoran terutama pada unit pelayanan masyarakat.

 

Tujuan utama dari GERMAS  adalah Gimana caranya Pemerintah Daerah dapat mengatasi dalam penanganan covid - 19, Menerapkan dan mengingatkan kepada masyarakat tentang penting nya mematuhi protokol kesehatan. Pemerintah juga harus turun langsung ke lapangan memantau melihat dan mencontohkan kepada mereka bahwa bahaya covid-19 di seluruh Indonesia tidak hanya di Tanggamus saja akibatnya, apabila kita tidak sama-sama menjaga dan mematuhi protokol kesehatan akan berdampak kepada kita semua yang akan mengakibatkan tertularnya covid-19 kepada seluruh warga Tanggamus dan sekitar nya.


Maka dari pada itu dari kitalah Pemerintah Tanggamus yang memulai mencontohkan agar masyarakat Tanggamus dapat mencontoh dan mengikuti Bagaimana caranya mengatasi, dan mencegah covid-19 agar tidak menular, Bukan menyalahkan Meraka/masyarakat yang tidak sering memakai masker dan mematuhi protokol kesetahan."Ucap Sekda".


Sekali lagi saya sampaikan bukan hanya ucapan, Pertemuan Pertemuan dan segala hal lain nya. Yang perlu dilakukan yaitu tindakan, langkah, dan bergerak turun langsung ke lapangan, Agar kita dapat mengalahkan atau mengatasi percepatan penyebaran covid -19.

Seperti mencontohkan kepada masyarakat yaitu selalu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, agar penanganan pengendalian covid 19 dapat segera teratasi.


Dalam Paparan Damsian ,SST.M.Kes Kasi Promkes dan PM Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus GERMAS adalah sebuah Gerakan yang bertujuan untuk masyarakat budaya hidup sehat serta meningkatkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. 

Aksi germas ini juga diikuti dengan masyarakat perilaku hidup sehat dan didukung untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.


Tujuannya adalah agar terjalinnya kerjasama antar lintas sektoral di Kabupaten Tanggamus dalam upaya mengatasi permasalahan kesehatan yang ada, terutama dalam upaya penanggulangan stunting di Kabupaten Tanggamus.


Sasaran kegiatan ini meliputi:

1. Forkom germas tingkat kabupaten Tanggamus 17 orang.

2. Kepala Bidang di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus 4 orang

3. Camat lokus stunting 9 orang

4. Panitia 3 orang 

5. Narasumber 2 orang.


Kegiatan pertemuan pembentukan tim Forum Komunikasi gerakan masyarakat hidup sehat tingkat kecamatan dilaksanakan di 9 Kecamatan yaitu:.


1. Tanggal 9 Juni 2021 di kecamatan gisting 2. Tanggal 11 Juni 2021 di Kecamatan Gunung Alip 

3. Tanggal 15 Juni 2021 di Kecamatan Pugung

4. Tanggal 16 juni 2021 di Kecamatan Pulau Panggung 

5. Tanggal 18 Juni ini 2021 di kecamatan cukuh balak 

6. Tanggal 22 Juni 2021 di kecamatan semaka

7. Tanggal 23 Juni 2021 di Kecamatan Kota Agung Timur

8.Tanggal 24 Juni 2021 di kecamatan Wonosobo 

9. Tangggal 25 Juni 2021 di kecamatan Kelumbayan.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages