Sosialisasi Wakaf Produktif Muhammadiyah Pringsewu - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Selasa, 02 November 2021

Sosialisasi Wakaf Produktif Muhammadiyah Pringsewu


Pringsewu,Harian Koridor.com-Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kab. Pringsewu melaksanakan kegiatan Sosialisasi Wakaf Produktif, bagi warga persyarikatan Muhammadiyah Kabupaten Pringsewu. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Urban Style Pringsewu pada hari Selasa, 22 Rabbi'ul Awwal 1443 H/ 02 November 2021 M Dengan tema "Berdayakan Wakaf, Mandirikan Ummat, Berbakti Tiada Henti Laksana Matahari". 


Muhtasor, ketua panitia menyampaikan tujuan kegiatan ini memberikan pemahaman terhadap regulasi tentang wakaf, memiliki database wakaf tiap Cabang dan Amal Usaha serta mampu menyusun action plan pengelolaan wakaf dan mewujudkan wakaf tunai. Selain itu ungkapnya, adalah berlatar belakang dari sangat banyaknya permasalahan pengelolaan tanah wakaf bahkan berpotensi menjadi konflik. Meskipun di Muhammadiyah Minim persolan tersebut karena semua menjadi aset Persyarikatan akan tetapi Muhammadiyah harus mampu mengantisipasi permasalahan- permasalahan tersebut sehingga tidak terjadi di internal Muhammadiyah dan wakaf produktif terus berkembang dengan baik. Adapun Peserta kegiatan berjumlah 121 yang terdiri dari  Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpinan Daerah Aisyiyah Pringsewu, Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah se Kabupaten Pringsewu, Organisasi Otonom tingkat Kabupaten serta kepala2 sekolah  dari SD SD Peeguruan tinggi Muhammadiyah Pringsewu.


Kegiatan ini di hadiri oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM), Wakil Bupati Pringsewu yang diwakili oleh Staf Ahli bidang SDM, kepala Kantor Kemenag, Badan Wakaf Indonesia,  Badan Pertanahan Nasional Kab. Pringsewu, serta Pimcab Bank Syariah Indonesia. Dan adapun pemateri yang hadir Prof. Dr. H. Marzuki M Noor MS, Prof. Dr. H. Yurnalis Etek,    Tim BWI Kab. Pringsewu, Dr. Muhtasor, M.M. dkk, Pipi Prianggodo Pimcab BSI Pringsewu bersama Tim wakaf tunai.


Ketua PDM Pringsewu Drs. H. Ator Riyadi, M.M. dalam Sambutannya menyampaikan bahwa acara ini juga merupakan rangkaian Milad Muhammadiyah ke 109. 


Bagaimana cara mengurus tanah wakaf dengan baik, maka semampunya kita bisa mendata dengan baik wakaf yang dimiliki oleh Muhammadiyah Pringsewu. Dan kegiatan ini semoga menjadi penguat dan pengikat gerakan Muhammadiyah dari Ranting sampai Daerah. Maka harapan PDM kegiatan ini diikuti secara tuntas.  


Sementara itu Pimpinan Wilayah Prof. Marzuki M Noor menyampaikan wakaf merupakan basis gerakan Muhammadiyah. Kehadiran dan keluangan waktu kita mengurus Muhammadiyah ini juga merupakan wakaf, yang itu semua menjadi jariah. Wakaf memiliki problem klasik dari waktu ke waktu, oleh karena kegiatan ini harus menjadi kesempatan  untuk meluaskan pemahaman tentang wakaf. Maka catatan besar bahwa semua aset yang di miliki  Muhammadiyah harus atas nama persyarikatan. Maka mari kita semua berkhidmat di Muhammadiyah dengan baik dan benar. 


Pemerintah Kabupaten Pringsewu melalui Staf Ahli bidang Sumber Daya Manusia Malian Ayub menyampaikan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada Muhammadiyah yang telah banyak melakukan kegiatan kemajuan untuk kabupaten Pringsewu. Untuk persoalan wakaf ini juga tidak hanya dialami oleh Muhammadiyah, pemerintahpun banyak persoalan. Maka untuk itu atas nama pemerintah daerah berharap kepada Muhammadiyah lahan-lahan yang ada bisa produktif dan juga secata admitrasi harus selesai. Maka Pimpinan Daerah Muhammadiyah bisa bersinergi dengan pemerintah Daerah agar persoalan Wakaf akan bisa terselesaikan.


Di sela kegiatan tersebut, pihak BPN Kab. Pringsewu akan bersinergi dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kab. Pringsewu untuk menyelesaikan sertifikasi tanah- tanah wakaf dan hibah yang dikelola oleh Muhammadiyah yang sudah mencapai hampir ratusan hektar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages