Ini Kata Arinal Soal Wartawan Ditutut Tingkatkan Keterampilan dan Profesional - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Rabu, 05 Januari 2022

Ini Kata Arinal Soal Wartawan Ditutut Tingkatkan Keterampilan dan Profesional


Bandar Lampung,Harian Koridor.com-Gubernur Lampung Hi. Ir. Arinal Djunaidi menghadiri acara Pelantikan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Provinsi Lampung serta Kabupaten/Kota Masa Bakti 2021-2026 di Ballroom Hotel Emersia, Bandar Lampung, Rabu (5/1/).

Dalam Sambutanya Arinal Mengatakan, Wartawan harus dituntut terus meningkatkan keterampilan, kemahiran dan profesionalisme sebagai landasan dalam berkarya guna menyikapi pesatnya perkembangan teknologi dan informasi. 

Jangan sampai wartawan tergantikan oleh kecerdasan buatan seperti yang terjadi pada sektor kerja lainnya, maka harus bekerja secara smart, optimal dan profesional.Untuk itu Mari bersama bahu-membahu mengangkat harkat dan martabat daerah yang kita cintai ini,” kata Arinal. 


Menurutnya, sejatinya pres adalah  media informasi dan kontrol sosial merupakan Sebagai alat kontrol, perlu dihadirkan pemberitaan yang baik dan benar sesuai fakta tanpa tendensi apapun dan dari pihak manapun serta Pers didorong agar dapat menampilkan pemberitaan yang bermartabat karena jika sudah bermartabat berarti kaidah kode etik jurnalistik telah dijalankan secara benar, "ujarnya.


"Pers adalah kekuatan pilar keempat yang dapat membangun bangsa dan menyuarakan kepentingan rakyat,” kata dia. 


Arinal juga mengajak kepada seluruh insan pers di Provinsi Lampung agar senantiasa selalu mendukung pemerintah dengan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik, kredibilitas dan integritas jurnalistik. 


Sementara itu Ketua PWI Provinsi Lampung, 

Hi. Wirahadikusumah mengatakan, jika pihaknya membutuhkan dukungan saran, nasehat serta teguran jika dalam prakteknya para wartawan menyimpan dari kode etik maupun undang-undang pers nomor 40 tahun 1999.


“Kami sadar bahwa sekarang ini zamannya kolaborasi, bukan lagi kompetisi. Kami juga sadar kami harus cepat beradaptasi karena perubahan zaman di era digital.


"Persaingan informasi dengan media sosial butuh kolaborasi untuk sama-sama memberikan informasi yang baik kepada masyarakat,” katanya.



“Kami patuh terhadap disiplin verifikasi, kami patuh terhadap konfirmasi, kami patuh terhadap kode etik dan itu diajarkan di PWI khususnya di provinsi Lampung. Jangan menjadi wartawan yang dibenci. Ingat bahwa tugas kita adalah menginformasikan informasi, memberitakan yang benar.(*). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages