Porang Tanaman Masa Depan Petani Metro - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Rabu, 25 Mei 2022

Porang Tanaman Masa Depan Petani Metro


Metro,Harian Koridor.com-Kota Metro, ternyata menjadi salah satu kawasan yang saat ini menjadi pusat budidaya dan pengembangan tanaman Porang (Amorphophallus muelleri) atau Iles-Iles, di wilayah Provinsi Lampung.


Ketua Petani Porang Metro, Lampung, Pakde Wanto, menjelaskan bahwa Pengembangan atau Budidaya Porang ini, berlokasi di Kelurahan Ganjar Asri, Kecamatan Metro Barat, dibawah naungan CV Ngudi Asri Makmur.


Selain menampung hasil panen, mengembangkan Benih (Bibit Porang), pihaknya juga terus menyiapkan sarana pupuk organik, untuk mengoptimalkan budidaya tanaman yang masuk klasifikasi umbi-umbian, dengan kemampuan tinggi batang pohon mencapai 1.5 meter, dan ternyata aman dikonsumsi oleh manusia.


Produk turunan Porang, antara lain adalah sebagai bahan pembuat makanan, farmasi, kosmetik, hingga industri kimia, yang banyak dibutuhkan oleh negara luar, seperti Jepang, Korea, Taiwan, Vietnam, Tiongkok, Thailand, Australia, Hongkong, hingga Eropa.


Apabila penanaman menggunakan umbi, porang bisa mulai dipanen pada usia 7 bulan, sedangkan jika menggunakan bibit, porang baru bisa dipanen pada usia tanam 18-24 bulan, dengan kwalitas dan bobot umbi, menyesuaikan kondisi iklim, lahan dan perawatan.


Pihaknya menjelaskan bahwa secara tehnis, harga jual hasil panen tanaman Porang, dipengaruhi oleh kadar Glukomanan, dengan kisaran harga saat ini, sekitar 4 ribu rupiah perkilonya.


“Petani tidak perlu khawatir, karena jika kadar Glukomanan didalam umbinya tinggi, maka harga jual Porang saat panen, bisa jauh diatas 4 ribu rupiah perkilonya,” terang Pakde Wanto.


Oleh karena itu, para petani sebaiknya mengikuti petunjuk tehnis, saat akan mulai melakukan proses penanaman, sehingga kualitas dan hasil panen tanaman Porangnya benar-benar maksimal.


“Waktu tanam porang yang baik, adalah saat memasuki musim hujan, karena tanaman ini memerlukan kelembapan dan kadar air yang tinggi,” ujarnya.


Pakde Wanto membuka ruang komunikasi dan koordinasi seluas-luasnya, bagi masyarakat yang berminat mengembangkan dan membudidayakan tanaman Porang di Kota Metro atau dari wilayah-wilayah lainnya.


“Yang tertarik bertani atau ingin tau lebih jauh soal potensi tanaman Porang, silahkan datang ke lokasi Demplot Pengembangan Porang CV Ngudi Asri Makmur, di belakang gedung Futsal, jalan Kelapa Muda, No 2, RT/RW 05/02, Kelurahan Ganjar Asri, Kecamatan Metro Barat,” tambahnya. (Husni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages