Wahdi: Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila, Semoga Memperluas Wawasan Dan Mewujudkan Kota Metro Berpendidikan - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Selasa, 24 Mei 2022

Wahdi: Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila, Semoga Memperluas Wawasan Dan Mewujudkan Kota Metro Berpendidikan


Metro,Harian Koridor.com-Walikota Metro Mebuka Kegiatan Sekaligus Menjadi Pemateri Pada Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di Lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Metro, kegiatan tersebut berlangsung di Aidia Grande Kota Metro, Selasa, 24/5/2022.


Pada kesempatannya, Wahdi membuka kegiatan dengan menyampaikan apresiasi dan tentu atas nama jajaran Pemerintah Kota Metro menyambut baik.


“Semoga kegiatan ini dapat memperluas wawasan terkait nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Sehingga dalam mengikuti kegiatan ini harus mengikuti dengan baik untuk mewujudkan Kota Metro yang Berpendidikan, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya,” jelasnya.


Sebagaimana diketahui bersama, bahwa Pancasila merupakan rumusan dan pedoman yang berbangsa dan bernegara. Nilai-nilai Pancasila hendaknya dapat diterapkan di kehidupan berbangsa dan bernegara juga berkedaulatan sesama manusia dalam kehidupan bermasyarakat.



“Selain itu, kita sudah memahami dari nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Mulai dari sila pertama, yang mana Ketuhanan Yang Maka Esa terkandung nilai-nilai kebangsaan dalam kelembagaan. Sila Ke-2 Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, mengandung nilai prinsip kemanusiaan yang mana setiap manusia harus mengakui persamaan derajat, hak dan kewajiban,” ucapnya.


Dengan Sila Ke-3, Persatuan Indonesia, mengandung pentingnya nilai Untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sudah seharusnya sesama bangsa Indonesia saling bekerja sama dan bergotong royong dalam kehidupan bermasyarakat. Sila Ke-4 Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan, mengandung nilai-nilai kerakyatan, sehingga harus senang tiasa menjunjung tinggi nilai-nilai sikap yang bijaksana.


” Maka itu perlu kita perlu mengambil keputusan harus dilandasi dengan sikap musyawarah untuk mencapai mufakat bersama. Terakhir Sila Ke-5, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia yang bernilai bahwa Negara menjamin hak kemerdekaan tanpa adanya kebijakan apapun,” paparnya.



Dalam hal tersebut juga Walikota Metro Wahdi, berharap kepada para ASN Kota Metro melalui Kegiatan tersebut dapat meningkatkan lagi rasa cinta tanah air.


“Dilakukan kegiatan Aktualisasi dapat meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan, maningkatkan kepentingan negara diatas kepentingan pribadi, serta meningkatkan rasa cinta kepada tanah air, bangsa dan negara untuk mencapai kemufakatan. Hal ini bertujuan untuk mendukung kebangsaan dan bernegara dalam hal optimal kepada masyarakat yang adil dan makmur,” tutupnya.


Turut hadir Sekda Kota Metro, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Metro, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Para ASN Lingkungan Pemerintah Kota Metro.(kf/husni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages