Pemkab Lambar Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Rabu, 01 Juni 2022

Pemkab Lambar Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual


Lambar,Harian Koridor.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat (Lambar) menghadiri upacara peringatan hari lahirnya pancasila yang tepat jatuh pada 1 Juni tahun 2022. Secara Langsung dipusatkan Kota Ende, Nusa Tenggara Timur.  Sedangkan Secara Virtual berlangsung di Aula Kagungan Setda Kabupaten Lampung Barat. 1/6/2022.


Upacara peringatan hari lahir pancasila kali ini nampak berbeda, lantaran pelaksanaannya sendiri dipusatkan di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan dipimpin Langsung Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. Joko Widodo yang bertindak sebagai inspektur upacara.


Upacara peringatan hari lahir pancasila ini pun turut dihadiri dan disaksikan langsung oleh seluruh pemerintah kabupaten/kota se-Indonesia secara virtual.

 

Hadir secara Virtual Dalam Kegiatan Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila yang di Pimpin Langsung Oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin, Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Adi Utama, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Perwakilan Dari Polres Lampung Barat, Perwakikan Dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Lampung Barat.


Bertindak selaku inspektur upacara, Presiden RI Ir. Joko Widodo menyatakan alasannya, mengapa pelaksanaan peringatan hari lahir Pancasila itu dipusatkan di NTT.


Presiden Joko Widodo menyatakan, karena di NTT merupakan tempat pertama kali Pancasila dirumuskan oleh Presiden pertama Indonesia Soekarno (Bung Karno) untuk mengingat dan mengenang sejarah panjang mengenai kemerdekaan RI.


Di kota yang sangat bersejarah ini, Bung Karno proklamator kemerdekaan, bapak pendiri bangsa merenungkan dan merumuskan pancasila,"


Dalam peringatan hari lahir Pancasila ini, Presiden RI Joko Widodo mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menjunjung, membumikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa serta bernegara.


Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, tetapi pancasila telah menjadi penuntun ketika Indonesia menghadapi tantangan dan ujian," 


Dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa," 


Selain itu, Presiden RI Joko Widodo yang akrab disapa (Pak Jokowi) tersebut, mengajak dan berharap agar masyarakat Indonesia dapat mempertahankan dan memperjuangkan pancasila sebagai ideologi, dan undang-undang sebagai dasar Negara Indonesia.


Para pejabat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat agar menjadi contoh dalam aktualisasi nilai pancasila,(lia) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages