Pemkab Lambar Lakukan Kunker Kejabar - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Senin, 25 Juli 2022

Pemkab Lambar Lakukan Kunker Kejabar


Lambar,Harian Koridor.com-Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melakukan kunjungan kerja ke Bandung, Jawa Barat  24-26 Juli 2022 dengan tujuan  Bandung Command Center dan kantor media Pikiran Rakyat yang ada di jalan Asia Afrika,  dipimpin langsung oleh Bupati Lambar H. Parosil Mabsus. Senin, (25/7)


Turut hadir dalam kunjungan Kepala Dinas Komunikasi dan informatika Munandar, S. Sos, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Mazdan,S.Sos.,MM, perwakilan organisasi wartawan yang bertugas di wilayah Lampung Barat.



Lokasi pertama yang dikunjungi yakni Bandung Command Center atau BCC.   lokasi ini merupakan bangunan untuk memantau akses pelayanan publik yang baik sebagai tujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang berlokasi dilingkungan Balai Kota Bandung.


Parosil bersama rombongam melanjutkan kunjungan ke kantor media Pikiran Rakyat yang ada di jalan Asia Afrika, Bandung Jawa Barat.



Dalam sambutannya Kepala dinas Kominfo Kota Bandung, Yayan Ahmad Brilyana di BCC menuturkan

Penelitian BCC menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan studi literatur.



BCC adalah sarana untuk melihat data kebutuhan masyarakat, jadi real time. Hingga harga barang atau sembako di pasar bisa di pantau, pelayanan rumah sakit, mulai dari ketersediaan ruangan dan lain-lain. Garis besar nya bank data kota Bandung,


Selanjutnya ia menyebut, BCC dibangun pada 2015 lalu dengan anggaran sekitar 30 miliar pada masa pemerintahan Walikota Ridwan Kamil. Sejak itu pula semua agenda kegiatan Walikota dan Sekda menjadi rujukan media sehingga satu jam setelah kegiatan walikota atau sekda media sudah bisa menerima rilis.


Bicara kendala, yang kerap ditemukan yaitu terkadang perangkat daerah yang kurang membuka diri. Sehingga apa yang menjadi isu dan permasalahan di suatu perangkat daerah datanya telat kita diterima,


Sementara Bupati Parosil Mabsus  mengaku tertarik dengan BCC. Namun jika melihat kondisi keuangan daerah dan situasi Lampung Barat saat ini belum sepenuhnya memungkinkan. Karena selain anggaran di Lampung Barat masih kecil, akses internet juga belum memadai.


Program Bandung menjawab itu bagus, jadi jika di Bandung setiap dua Minggu sekali, mungkin di Lampung Barat bisa sebulan sekali. Itu bukan hal yang sulit, tinggal kita hadirkan saja kepala dinas untuk menjawab pertanyaan masyarakat dan isu yang sedang hangat di daerah," 



Parosil saat berkunjung di Kantor media  Pikiran Rakyat  selain menyampaikan kondisi Lampung Barat, selanjutnya pihaknya juga membeberkan kerukunan yang dimiliki Lampung Barat. 


Lampung Barat merupakan Kabupaten dengan tingkat kriminalitas terendah di Provinsi Lampung karena masyarakat nya memang terkenal guyub dan sangat menghargai sesama warga meskipun pendatang sekalipun," 


Parosil menegaskan bahwa tujuan kunjungan ke Pikiran Rakyat, selain silaturahmi juga untuk berdiskusi bagaimana mengahadapi era digital karena perkembangan industri digital di seluruh dunia saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat.


Selebihnya kita berdiskusi santai, kami juga ingin mendengar bagaimana Pikiran Rakyat mengahadapi gempuran era digital. Karena saya sadar betul bagaimana peran serta media dalam memajukan daerah," 


Pada kesempatan yang sama Direktur Bisnis Pikiran Rakyat Januar P Riswita 

menyampaikan ucapan terimakasih dan menyambut baik kunjungan Bupati Parosil dan rombongan tersebut.(lia) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages